oleh

Rumah Warga Kedondong Terbakar

Harianpilar.com, Pesawaran – Rumah kediaman milik Agustin Firman (36), warga Dusun Kedondong Ilir Desa Kedondong Kecamatan Kedondong-Pesawaran-Lampung, yang terletak di permukiman padat penduduk, sabtu siang (21/09/2019), diamuk si jago merah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kebakaran terjadi sekira pukul 13.30 Wib diduga akibat konsleting listrik.

Dimana diketahui rumah kediaman Agus Firman alias Buyung saat itu dalam keadaan kosong. Akibatnya api cepat menjalar dan menghabiskan atap rumah.

Beruntung saja tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun kerugian ditafsir mencapai ratusan juta rupiah.

Dikatakan Irwan Rosa, mantan Kades Kedondong, bermula dari adanya percikan api dan kepulan asap hitam terlihat pada atap rumah milik Buyung. Dikarenakan rumah dalam keadaan kosong dan kondisi  terkunci, menyebabkan masyarakat kesulitan untuk memadamkan api,  sehingga api dapat dipadamkan satu jam kemudian.

“Katanya si Buyung bersama keluarga sedang pergi kondangan ke Bandar Lampung. Sebabnya warga kesulitan masuk rumah untuk memadamkan api,  untung saja mobil pemadam kebakaran (Damkar) cepat datang, sehingga  api cepat bisa dipadamkan dan tidak merambat kerumah penduduk sekitarnya,” ujar Irwan Rosa.

Dijelaskan Iwan,  panggilan akrab mantan kades Kedondong, meskipun rumah milik Buyung tidak sepenuhnya terbakar. Namun tak ayal barang -barang berharga, seperti motor dan barang elektronik lainnya tidak dapat terselamatkan karena ludes dilalap sijago merah.

Terpisah, Camat Kedondong, Minak Yakin, menyampaikan, terkait bantuan pemerintah daerah atas kepedulian dan empaty terhadap korban kebakaran.

Bupati Pesawaran telah memberikan santunan melalui pihaknya. Dan selain itu bantuan dalam meringankan beban juga telah disalurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Pesawaran.

“Untuk meringankan beban korban kebakaran, Pak Bupati melalui kami (kecamatan) hari itu juga (sabtu, 21/09/2019) langsung memberikan santunan uang tunai. Kemudian beliau juga telah memerintahkan BPBD menyalurkan bantuan kepada warga Kedondong yang rumahnya terbakar tersebut,” terang Camat Kedondong, Minak Yakin, saat dihubungi melalui ponselnya, Minggu (22/09/2019). (Fahmi)

Komentar