oleh

Pemerintah Pusat Bakal Gaji Guru Honorer Melalui APBN

Harianpilar.com, Pesawaran – Nasib guru honorer yang selama ini kesejahtraannya masih jauh dari kata maksimal, meskipun tugas yang diemban sama dengan guru PNS sepertinya mulai diperhatikan oleh pemerintah pusat.

Dimana pemerintah pusat melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, berencana menganggarkan gaji bagi guru honorer melalui APBN.

Disampaikan Kasi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PTK) Disdikbud  Pesawaran, Taufan, bahwa wacana terkait gaji guru honorer yang bakal dikucurkan melalui anggaran APBN ini masih digodok di Kemendikbud.

Dan terkait hal ini, Kemendikbud telah meminta data sejumlah guru honorer yang sudah mengabdi disejumlah satuan pendidikan selama ini.

“Untuk data guru honorer sudah diminta oleh pemerintah pusat.

Dan dimungkinkan saat ini pemerintah pusat masih mengkaji terkait pembayaran bagi honorer ini,” ungkap Taufan, diruang kerjanya, Jum’at (20/09/2019).

Selanjutnya kata Taufan, wacana gaji untuk guru honorer dari anggaran APBN nantinya akan disetarakan dengan gaji guru golongan IIIA.

“Wacananya seperti itu, bahwa gaji guru honorer akan disesuaikan dengan golongan III A, dengan kisaran gaji sebesar Rp2,5 juta perbulannya,” terangnya.

Terpisah, Heni salah seorang tenaga honorer menyambut gembira dengan adanya wacana pembayaran gaji yang dicanangkan oleh pemerintah pusat melalui APBN. Dia mengungkapkan, memang selama ini tugas yang dilaksanakan oleh tenaga honorer juga sama dengan guru PNS, apalagi jika itu seorang guru kelas. Sementara tunjangan yang diterima mereka (honorer-Red) begitu minim, dan hanya mengandalkan dari dana BOS/triwulan.

“Sudah seharusnya guru honorer diperhatikan oleh pemerintah pusat. Semoga saja benar wacana itu bukan hanya sekadar angin segar saja. Karena selama ini nasib honorer ini gak jelas. Sudah gaji gak memadai, kerjanya maksimal, dan pengangkatan PNS juga belum jelas,” ucap Heni.  (Fahmi)

Komentar