oleh

SDN 1 Sawah Brebes Santuni Anak Yatim Piatu

Harianpilar.com, Bandarlampung –  Dalam rangka memperingati hari besar Islam 1 Muharam 1441 H, banyak cara yang dilakukan oleh sekolah untuk memperingatinya.

Salah satunya yang dilaksanakan oleh Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Sawah Brebes Bandarlampung yang menggelar acara pemberian santunan kepada anak yatim piatu yang ada di sekolah tersebut.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di salah satu ruang kelas SDN 1 Sawah Brebes, Rabu (11/09/2019).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh pengawas PAI Kamenag Kota Bandarlampung, para dewan guru, dan siswa-siswi SDN 1 sawah Brebes.

Kepala SDN 1 Sawah Brebes, Danila S. Pd mengatakan,  kegiatan ini merupakan gagasan dari salah satu guru agama untuk memperingati 1 Muharam 1441 ini memberikan santunan kepada anak yatim piatu.

“Ya, gagasan itupun mendapat sambutan baik dari para guru dan dapat kita laksanakan. Karena, bagi umat muslimin bulan Muharam diyakini sebagai hari lebaran yatim, jadi SD Negeri 1 Sawah Brebes Bandarlampung bersama-sama siswa dan para guru menyisihkan sebagian rezki untuk menyantuni 20 anak yatim piatu yang berada disekolahnya,” ungkapnya, Rabu (11/09/2019).

Danila menambahkan, santunan ini merupakan bagian sikap kepedulian sosial yang harus ditumbuhkan sejak dini dilingkungan sekolah, dan menjadikan contoh bagi siswa-siswi khususnya SDN 1 sawah brebes agar mereka kelak memiliki tanggung jawab sosial.

Danila berharap, “tradisi seperti ini dapat dijaga dan dapat bahkan ditingkatkan agar para siswa terbentuk karakter sosialnya untuk berbagi kebahagian dengan saudara, orang lain, dan itu dilakukan dari pembiasaan baik dilingkungan rumah dan dilingkungan sekolah,” harapnya.

Sementara itu, Alamsyah selaku guru agama juga mengatakan, kegiatan pemberian santunan anak yatim piatu ini merupakan spontan yang digagas oleh kepala sekolah, dan baru kali pertama dilaksanakan oleh SDN 1 Sawah Brebes ini.

“Untuk membiasakan diri para siswa-siswi memberi dan merasakan kepedulian dengan hati yang ikhlas, semoga kedepannya akan dibenahi dan lebih baik lagi,” harapnya.

Hal senada diungkapkan, Pengawas PAI Kamenag Kota Bandarlampung, Makmun Rasyid yang mengatakan, “Sangat mengapresiasi dengan kegiatan SDN 1 Sawah Brebes Bandarlampung ini, selain para guru anak-anaknya juga mau berbagi dan peduli sesama kawannya yang merupakan anak yatim piatu disekolah ini, dan kedepan akan kita kemas lagi momen seperti ini dan bisa ditiru oleh sekolah lainnya karena kita peduli dengan anak yatim piatu dan kaum dhuafa, kepedulian bisa merata terhadap saudara-saudara kita yang perlu perhatian,” tutupnya. (Harry)

Komentar