oleh

Wakil Gubernur Dorong Peningkatan Kosumsi Ikan

Harianpilar.com, Bandarlampung – Wakil Gubernur Lampung Chusnunia terus mendorong peningkatan konsumsi ikan di Provinsi Lampung melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Hal tersebut mengingat angka konsumsi ikan di Provinsi Lampung yang masih tergolong rendah yakni 32,2 kg/kap/th jauh di bawah angka konsumsi ikan nasional 50,69 kg/kap/th.

“Menjadi penting gemarikan dimulai dari keluarga kita, tetangga sampai ke pelosok-pelosok desa,” ujar Wagub Nunik saat menjadi Pembina Upacara Mingguan di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Senin (09/09/2019) di Lapangan Korpri Kantor Gubernur.

Wagub mengatakan, peningkatan konsumsi ikan juga merupakan program pemerintah dalam upaya menurunkan masalah gizi seperti stunting (kerdil), wasting (lemah), overweight (kelebihan berat badan), “menjadi konsentrasi kita semua, terutama pada generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Selain itu, Nunik juga menyampaikan jika Provinsi Lampung berpeluang menjadi salah satu lumbung ikan nasional, untuk itu Pemprov Lampung akan meningkatkan produksi dan ekspor ikan melalui Program Nelayan Berjaya, Pemprov Lampung akan melakukan beberapa langkah yakni (1) mendorong tumbuhnya usaha budidaya perikanan dan memberikan pendampingan pemasaran, (2) mengintegrasikan nelayan dan keluarga nelayan dalam pengembangan industri pengolahan perikanan.

Kemudian Pemprov Lampung juga akan memberikan asuransi nelayan dan jaminan sosial bagi nelayan lansia, memberikan beasiswa bagi anak-anak nelayan berprestasi, juga mendirikan SPBU bagi nelayan, jelas Nunik.

Sebelum mengakhiri sambutanya, Nunik juga menyampaikan himbauan kepada pegawai Pemprov Lampung yakni dalam rangka memperingati Hari Literasi Nasional, Nunik menghimbau agar pegawai Pemprov Lampung mendonasikan buku bekas yang layak untuk dikumpulkan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk disalurkan ke perpustkaan-perpusatkaan di desa maupun di wilayah-wilayah terpencil.

Nunik juga menghimbau agar tersedianya ruang khusus laktasi, serta ia juga mengajak para pegawai untuk mengurangi sampah plastik dengan membatasi penggunaan tempat makan dan minum sekali pakai. Tak lupa ia juga mengingatkan untuk menggalakkan kegiatan Lampung Mengaji, “harinya silahkan tentukan paling tidak sehari dalam satu minggu diadakan doa bersama yang sesuai dengan agama dan keyakinan,” kata Nunik.

Pada kesempatan tersebut, Nunik juga menyerahkan penghargaan pemenang lomba kebersihan toilet antara Organisasi Perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Lampung. Juara I berhasil diperoleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Juara II diperoleh Badan Penyelenggara Korpri dan Juara III diraih Dinas Kesehatan. Sementera juara favorit diperoleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura. (Rls)

Komentar