oleh

Kodim 0421/LS Sita 30 Balken Kayu Sonokeling Hasil Illegal Logging

Harianpilar.com, Pesawaran – Pembalakan liar (Illegal Logging) jenis kayu sonokeling di wilayah hutan lindung Register I9 Wan Abdurrahman Kabupaten Pesawaran nampaknya masih terus berlangsung.

Terbukti, meskipun sudah banyak pelaku pembalak yang terjaring oleh satuan Polhut, Polri dan TNI, namun para pelaku sepertinya tidak kapok. Mungkin, hasil jarahan kayu jenis sonokeling ini begitu menjanjikan bagi para pembalak.

Dan begitu maraknya pembalakan liar  jenis kayu sonokeling diwilayah hutan Wan Abdurrahman ini, satuan TNI-AD meningkatkan pengawasan ketat diwilayah hutan lindung Register I9 Wan Abdurrahman- Pesawaran.

Kodim 0421/LS, Koramil 421-02 Gedongtataan, Kabupaten Pesawaran berhasil mengamankan dan menangkap sebanyak 30 Balok/Balken kayu jenis Sonokeling di Simpang Umbul Binong Desa Pampangan Kecamatan Gedongtataan, Senin (02/09/2019) sekira 04.45 Wib.

Dandim 0421/LS Letkol Kav Robinson Octovianus Bessie, S.H, melalui Danramil 421-02/Gedongtataan Kapten Inf Sugeng Pamuji, mengungkapkan, sekira pukul 02.30 WIB Babinsa Serma Usman dihubungi oleh mitra Babinsa Bambang Firmansyah Ketua FBN (Forum Bela Negara) untuk wilayah Pesawaran.

“Begitu mendapat informasi, pada pukul 02.46 WIB, Serma Usman melaporkan kepada saya, tentang adanya informasi pembalakan liar, illegal logging di Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman Regester 19 dan Pukul 02.50 WIB kami koordinasi dengan Kanit Polhut Provinsi Lampung

Fahri untuk merencanakan penangkapan,” paparnya.

Diceritakannya lebih lanjut, pada pukul 03.05 WIB dirinya memerintahkan Serma Usman dan Sertu Jono Eko. S untuk melaksanakan penangkapan gabungan dengan Polhut dan mitra Forum Bela Negara. Kemudian menuju titik kumpul di jembatan PTPN 7 Way Lima Desa Cipadang, Kecamatan Gedongtataan.

“Pada pukul 04.45 WIB dilakukan penghadangan dan penangkapan di Simpang Umbul Binong Desa Pampangan. Pada saat dilakukan penangkapan sopir dan kernet melarikan diri dan selanjutnya mobil Truck Colt Diesel dan BB 30 balok kayu jenis sonokeling kami amankan di Koramil 421-02/Gedongtataan untuk dilakukan pendataan,” ungkapnya.

Kapten Inf Sugeng menambahkan, adapun personel yang terlibat dalam penangkapan dan barang bukti 2 orang anggota Babinsa Koramil 421-02/Gedongtataan Serma Usman dan Sertu Jono Eko. S. Kemudian, 5 orang dari Polhut Tahura Wan Abdul Rahman diantaranya, Fahri selaku Kanit Polhut, Yurdis anggota, Yayang anggota, Januari anggota dan Sudirjo anggota serta 1 orang dari Ketua FBN Bambang Firmansyah.

“Untuk barang bukti yang diamankan 1 unit mobil Truck Colt Diesel 120 PS Nopol BE 9525 R, STNK aatas nama Zainal Patah alamat RT 001/RW 001 Desa Tanjung Kerta Kecamatan Kedondong dan Kayu jenis sonokeling sebanyak 30 balok/balken,” jelasnya. (Fahmi/Maryadi)

Komentar