oleh

Bupati: Desa di Tanggamus Masih Banyak Terisolir

Harianpilar.com, Tanggamus – Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE. MM., mengatakan Kecamatan Sumberejo banyak desa yang masih terisolir.

“Aspek strategis antar pekon maupun kecamatan masih tidak lancar karena sebagian masih kurang memadai. Yaitu tidak dapat dilalui roda empat, sehingga memerlukan normalisasi badan jalan dan pengerasan jalan dengan pemasangan ounderlaqh.

Kecamatan Sumberejo merupakan bagian dari Kabupaten Tanggamus yang diprioritaskan menjadi sasaran Kegiatan Karya Bhakti, walau lokasi wilayahnya strategis, namun masih memerlukan peningkatan pembangunan sarana-prasarana, sehingga mendukung aktifitas sehari-hari warganya,” kata Bupati pada penutupan Karya Bakti TNI diwilayah Kodim 0424 Tanggamus, acara dilaksanakan di Lapangan Pekon Wonoharjo, Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus, Selasa (13/08/2019).

Hadir kegiatan tersebut. Kolonel Inf. Taufik Hanafi Danrem 043 Garuda Hitam, Letkol Arh. Anang Hasto Utomo,S.IP. M.Han Dandim 0424 Tanggamus, Letkol Inf. Sahnun Hasibuan Kasi Ter Korem 043 Gatam, David Palapa Duarsa Kejari Kabupaten Tanggamus, Kompol Yuliansah Waka Polres Tanggamus, Suratman Sekwan Kab.Tanggamus, Para Asiten, Kepala OPD, Uspika kecamatan, Anggota Kodim 0424 Tanggamus, Anggota Polres Tanggamus, Mahasiswa KKN UIN Lampung dan Pelajaran, Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama,Tokoh Pemuda, Unsur Ormas Kec. Sumberejo Kab. Tanggamus.

Dalam sambutan Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani SE. MM., mengatakan. Atas nama masyarakat dan jajaran pemerintah Kabupaten Tanggamus, saya mengucapkan selamat datang kepada Bapak Kol. Taufiq Hanafi, Danrem 043/Garuda Hitam di daerah kami yang memiliki moto ”Bumi Begawi Jejama”.

Apresiasi dari kami kepada seluruh jajaran TNI Khususnya Kodim 0424/Tgm yang telah melaksanakan kegiatan Karya Bakti TNI sejak tanggal 08 Juli 2019 yang lalu, dan pada hari ini telah berhasil menyelesaikan tugas dan darma baktinya diwilayah ini, khususnya di Pekon Wonoharjo Kecamatan Sumberejo.

“Ini adalah sebagai bentuk manunggalnya TNI dan Rakyat, demi membantu Pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Membuka akses keterpencilan dan pelayanan-pelayanan dasar lain yang sangat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan beberapa dasar terkait kegiatan ini seperti, Surat Telegram KASAD dan Keputusan KASAD tanggal 01 Oktober 2018 tentang penerimaan HIBAH uang langsung dilingkungan TNI AD. Surat Telegram PANGDAM lI/SRIWIJAYA tanggal 22 Maret 2019 tentang Penekanan Penerimaan HIBAH Kegiatan Karya Bhakti atau TMMD. Surat Telegram Danrem 043/Garuda Hitam tanggal 27 Maret 2019 tentang Penekanan Penerimaan HIBAH Kegiatan Karya Bhakti. Pengajuan Proposal Camat Sumberejo tanggal 10 Desember 2018, tentang Permohonan Karya Bhakti TNI Tahun 2019. Program Kerja KODIM 0424/Tanggamus Bidang Teritorial khususnya Bidang Bakti TNI Tahun 2019.

“Seperti kita ketahui bersama, bahwa kondisi sosial masyarakat Kecamatan Sumberejo umumnya bermata pencaharian petani ladang dan tegalan. Wilayah ini disamping sebagai penghasil pertanian dan sayur-sayuran juga sebagai penghasil kopi, lada, coklat, pala dan buah-buahan.

Penduduk di pekon sasaran Karya Bhakti selama ini relatif aman, Keberadaan Babinsa secara umum dapat diterima oleh masyarakat setempat dengan baik, mempunyai pengaruh yang sangat positif dalam pembinaan terhadap masyarakat serta toleransi antar umat beragama sangat tinggi namun demikian, dalam bidang Infrastruktur,” ujar Bupati.

Kabupaten Tanggamus sendiri merupakan Kabupaten penghubung dijalur lintas Barat sampai Provinsi. Menghubungkan Pesisir Bengkulu menuju Kota Bandar Lampung sampai Pulau Jawa atau sebaliknya, yang memiliki nilai strategis baik dari aspek ekonomi dan pertanian. Pada Karya Bhakti TNI tahun ini, kegiatan utamanya adalah Pembangunan Badan Jalan mulai dari pekon Wonoharjo, Pekon Dadapan sampai Simpang Kanan.

“Dimana tujuan dibentuknya badan untuk jalan sampai dengan ounderlagh, adalah meningkatkan perekonomian terutama pada sektor perdagangan serta pariwisata, perkebunan meningkatkan kelancaran akses jalan dari pekon ke pekon dan mewujudkan pemerataan pembangunan,” terang Bupati.

Lanjutnya, Dana yang dibiayai oleh APBD Kabupaten Tanggamus melalui dana Dana Hibah sebesar Rp1.170 juta yang dipergunakan untuk pembangunan perkerasan jalan sampai dengan onderlagh sepanjang 2.507,33 meter dan Pembangunan dua unit gorong- gorong beton. Adapun untuk sasaran kegiatan fisik tambahan adalah sebagai berikut: pertama, rehab rumah sebanyak 10 unit. Kedua, rehab masjid dan rehap mushola masing-masing satu unit. Ketiga, rehab pos kamling sebanyak 3 unit. Ke empat, pembuatan jembatan satu unit. Kelima, pembuatan jamban sebanyak 10 unit.

Kegiatan-kegiatan lainnya yaitu kegiatan non fisik berupa penyuluhan, Pelayanan KB implant gratis, Bakti saka wira, Sunatan masal, Perkemahan, Pengobatan gratis dan Kegiatan pasar murah.

Lebih lanjut Bupati mengatakan kegiatan hasil Karya Bakti TNI tahun ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, dan turut membantu program pemerintah dalam pembangunan di segala bidang. “Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa meridhoi setiap langkah dan usaha kita dalam membangun Indonesia pada umumnya, dan lebih khusus Kabupaten Tanggamus yang kita cintai,” pungkas Bupati.

Diketahui Kegiatan Upacara dan Rangkaian kegiatan Penutupan Karya Bakti TNI Selesai Pukul.12.00 Wib. secara Keseluruhan Berjalan dengan tertib dan aman. Kegiatan dilanjut Peninjauan Hasil Karya Bakti, Pembagian Doorprize, Pasar Murah dan Hiburan Rakyat. (Asis)

Komentar

News Feed