oleh

SDN 3 Siraman Ciptakan Siswa Berprestasi

Harianpilar.com, Lampung Timur – Menghasilkan siswa/siswi berprestasi adalah tujuan setiap sekolah di dalam dunia pendidikan. Seperti halnya yang dilakukan SDN 3 Siraman, Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) bertekad untuk menciptakan siwa/siswinya memiliki prestasi akademik dan non akademik.

Kepala SDN 3 Siraman, Kecamatan Pekalongan Vincentius Hendi Kurniawan, S.Pd mengatakan memasuki tahun ajaran yang baru ini 2019-2020 sebagai tenaga pendidik harus mempunyai ide-ide positif di dalam mendidik muridnya.

Hal tersebut dimaksudkan agar berprestasi, karena kegiatan belajar mengajar (KBM) merupakan kegiatan paling pokok dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah.

“Keberhasilan pendidikan sangat ditentukan oleh kinerja dari proses belajar mengajar yang merupakan interaksi yang dilakukan antara guru dengan peserta didik dalam suatu situasi pendidikan atau pengajaran untuk mewujudkan tujuan yang ditetapkan,” kata dia, Senin (12/08/2019).

Dikatakannya, salah satu yang harus diwujudkan selama proses pembelajaran adalah bagaimana guru mampu meningkatkan atau membangun partisipasi aktif siswa dan selain itu peran guru dalam mengajar.

Pada aspek lain, kata dia yang tidak kalah pentingnya ialah bagaimana cara belajar siswa itu sendiri, apakah memang benar-benar sudah optimal atau tidak dalam pelaksanaan untuk meningkatkan prestasinya.

“Dengan adanya kerja keras, dari rekan-rekan guru yang mengajar, sekolah kami sudah banyak meraih prestasi di setiap even tingkat kecamatan, tingkat kabupaten dan tingkat provinsi. Untuk tingkat kecamatan, juara 1 gerak jalan, juara 1 tali temali, juara 1 O2SN cabang atletik tahun 2018, juara 1 O2SN cabang bulutangkis tahun 2018, juara 2 lomba lari 3 kilo tahun 2018, juara 1 O2SN PI tahun 2019, juara 1 O2SN PA tahun 2019, juara 2 O2SN PA tahun 2019, untuk tingkat kabupaten juara 1 O2SN atletik tahun 2018, juara 2 O2SN cabang bulutangkis tahun 2018 dan juara 2 O2SN atletik tahun 2019. Sedangkan untuk tingkat provinsi, juara umum O2SN atletik dengan 2 medali emas dan dua medali Perak tahun 2018, lolos nasional cabang atletik di Yogyakarta tahun 2018, dan mendapat peringkat IV O2SN tingkat nasional cabang atletik di Yogyakarta,” kata dia.

Untuk itu lanjutnya, dia akan melakukan berbagai terobosan mulai dari peningkatan disiplin yang bukan hanya diterapkan pada anak didiknya, namun juga diterapkan pada guru-guru yang ada di SD tersebut.

Utamanya peningkatan disiplin, baik kepada murid-murid maupun para guru agar tercipta komitmen untuk melayani dengan segenap hati demi terbentuknya sumber daya manusia yang mampu berprestasi dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbuat jujur dan bertanggung-jawab.

Karena sambungnya, seorang pemimpin harus pengertian, artinya memegang teguh pendirian sehingga terpenuhi antara hak dan kewajiban secara seimbang dan sebagai seorang guru tentunya tidak gampang ijin meninggalkan siswa, maka pemberian teladan adalah cara tepat untuk menyeimbangkan antara hak dan kewajibannya.

“Terima kasih kepada guru-guru yang mau bekerjasama memberikan kontribusi pada sekolah SDN 3 Siraman kecamatan pekalongan kabupaten lampung timur, sehingga prestasi terus meningkat dan pada tahun ajaran yang baru ini agar kira nya kita tingkatkan kembali yang bertujuan untuk menciptakan dan mecetak siwa dan siswi yang memiliki prestasi akademik dan non akademik,” pungkasnya. (Can)

Komentar

News Feed