oleh

KPU Rapat Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019

Harianpilar.com, Tanggamus – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanggamus menggelar Rapat Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu serentak Tahun 2019 terkait dengan pemasangan Alat Peraga Kampanye (AKP), Iklan Media Cetak, Media Elektronik dan Media dalam jaringan. Acara ditempatkan di Aula Kantor KPU Kabupaten setempat, Rabu (07/08/2019).

Rapat Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pada Pemilu 2019 ini, dilakukan agar menjadi koreksi dan masukan bagi KPU agar pelaksanaan Kegiatan kedepan lebih baik lagi.

Dalam hal ini, Ketua KPU Tanggamus Otto Yuri Saputra menyampaikan ucapkan terima kasih kepada peserta pemilu partai politik bahwa kita sudah selesai melaksanakan pesta Demokrasi yang berjalan dengan baik, tidak ada satu kendala apapun. Artinya ada masalah kecil tapi tidak terlalu signifikan terhadap proses pemilu tersebut. Dan kami ucapkan trimakasih Kepada pemerintah daerah dan aparat keamanan yang memang sangat intens dalam mengawal jalannya Pesta Demokrasi kemarin.

“Saya juga menginformasikan bahwa kita memang ada satu gugatan dapil 1 terkait dengan Partai Gerindra dan PDIP, dan Insya Allah hari ini ada putusannya hingga nanti setelah putusan KPU 5 hari. Setelah itu menindaklanjuti tapi kita menunggu surat KPURI dan KPU Tanggamus. Apabila keputusan lain masih mungkin ada 1 langkah-langkah lain yang yang harus kami selesaikan,” ungkap Otto.

Otto melanjutkan, kegiatan hari adalah dalam rangka Evaluasi Fasilitasi Kampanye dalam undang-undang KPU. fasilitas-fasilitas dalam metode kampanye antara lain, pemasangan alat peraga kemudian rapat umum dan kampanye iklan di media cetak elektronik dan media sosial dan internet. Disitu disebutkan dapat didanai oleh APBN, tetapi kita kemarin karena memang aturan yang ada hanya sebatas pengadaan alat peraga saja sehingga itulah yang kita lakukan dalam proses evaluasi ini.

Diskusi ini, akan membahas apa yang menjadi kendala pada saat proses yang menjadi catatan kita yang kemarin begitu panjang memakan waktu 9 bulan. Bagaimana pemasangan alat peraganya, titik mana yang harus dipasang, apakah tercapai titik titik pemasangan tersebut, kemudian bagaimanakah dan apakah ada pelanggaran atau dugaan pelanggaran terkait pemasangan alat tersebut dan kendala-kendala lainnya yang isinya bahwa kita akan berdiskusi agar ini menjadi masukan untuk perbaikan pemilu hingga proses pemilu yang kita jalani itu akan lebih baik lagi terutama di Kabupaten Tanggamus.

“Pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Tanggamus  cukup baik mulai dari tahun 2014 dan 2019. Dan kita berharap kedepannya maju di Pilkada 2023, kemudian pemilu 2024 itu akan menjadi lebih baik lagi tidak ada permasalahan – permasalahannya yang dapat mencederai diri pada kehidupan berdemokrasi,” pungkasnya Otto.

Sementara Kasdim 0424 /Tanggamus dalam diskusi evaluasi fasilitasi kampanye menyampaikan agar menjadi perhatian kepada seluruh Pertai Politik. Agar tidak memasang Banner atau bendera partai ataupun hal-hal yang berbau Politik, ataupun kampanye politik di area Makodim ataupun Koramil, serta Fasilitas milik TNI. Hal ini bertujuan agar tetap terjaganya Netralitas TNI Polri dalam Politik.

Hadir Dalam kegiatan tersebut Mayor Inf Syuhada Erwin Kasdim 0424

Tanggamus, Otto Yuri Saputra SPI Ketua KPU Tanggamus,  Ipda A .Jnaidi Polres Tanggamus, Dedi Fernando Ketua Bawaslu Tanggamus, Angga Lazuar y SE Divisi Teknis KPU, Zulwani SHI, MH Divisi Hukum KPU, Drs.Hi.M.Nasir Hasyim  Divisi Perencanaan dan Data, Hayesta F. Imanda Divisi SDM KPU, Zuhairi  Kominfo, Risnah Kesbangpol, Edy Yalismi Partai PKB, Torifki Partai Gerindra, Samsudin Partai Nasdem, Agus Prayitno Partai PAN, Ismail K Partai Berkarya. (Asis)

Komentar

News Feed