oleh

Riana Sari Janji Beri Space Khusus Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Harianpilar.com, Bandarlampung – Ketua Pengelola Sekolah Luar Biasa (SLB) Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal berjanji akan memberikan space khusus di dekranasda untuk anak berkebutuhan khusus menjual hasil karyanya. Demikian disampaikan saat memberikan pembinaan di SLB PKK Provinsi Lampung, Sukarame, Bandarlampung pada Senin (22/07/2019).

“Sebagai Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Pengelola SLB, saya akan berupaya meningkatkan keterampilan dan melatih mereka agar karya yang dihasilkan benar benar mempunyai nilai jual yang baik. Sehingga bisa bersaing. Nanti akan saya berikan space khusus di Dekranasda kalau ini adalah hasil dari anak anak SLB, bukan hanya di SLB PKK tapi seluruh SLB yang ada di Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung,” ujar Istri Gubernur Arinal Djunaidi ini.

Riana menilai dalam pencapaian mutu secara bertahap mendekati kepada standar pelayanan minimal, terutama dalam peningkatan potensi kemandirian siswa diantaranya tata boga, tata busana, tata kecantikan, pertukangan kriya batik dan hantaran.

“Dalam waktu dekat ini saya akan menampung dan melatih anak – anak yang mempunyai keterampilan bisa menjahit, membatik dan membuat kue, nanti kalau mereka sudah siap kue tersebut setiap bulannya akan didistribusikan ke Rumah Dinas (mahan agung),” ungkapnya.

Riana melanjutkan sesuai dengan UU No 20 tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa warga negara yang mempunyai kelainan fisik, emosional, mental, intelektual/sosial berhak memperoleh pendidikan.

“Anak berkebutuhan khusus berhak memperoleh pendidikan yang layak. Kita sebagai pendidik perlu memperhatikan proses pendidikan bermutu bagi mereka. Layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus tentu berbeda dengan layanan pendidikan yang biasa. Kita dituntut lebih sabar, lebih telaten dan harus lebih banyak berinovasi dalam memberikan pelayanan,” ujar Ketua Dekranasda Provinsi Lampung ini.

Riana Sari Arinal juga meminta kepada Orang tua dan Para guru di sekolah untuk lebih bersabar dalam mendidik dan menghadapi anak anak dengan kebutuhan khusus.

“Guru adalah hamba Allah yang diberi amanah, titipan anak anak yang istimewa. Insya Allah kasih sayang dan kesabaran dalam mendidik dan membesarkan anak anak istimewa ini, kelak akan membawa ke surga-Nya,” tambah Riana.

Sementara Kepala SLB PKK Provinsi Lampung, Endin menyampaikan bahwa di bidang literasi dan olahraga ada 2 siswa akan maju ke tingkat Nasional mengikuti cabang lari 100 meter Putra tingkat SMPLB atas nama Tegar Anugrah dan SMALB atas nama Edwin Guntur.

“Anak adalah harapan dan investasi bangsa Indonesia kedepan. Untuk itu kami sangat berterima kasih atas kunjungan dan support yang diberikan oleh ibu Riana, ” kata Kepala SLB. (Ramona)