oleh

Dedi Afrizal Maju Pilkada Mesuji

Harianpilar.com, Bandarlampung – PDIP Lampung tampaknya memberikan perhatian khusus untuk Kabupaten Mesuji. Pasalnya, partai banteng mocong putih itu menurunkan Dedi Afrizal yang sebelumnya menjabat Bendahara DPD untuk memimpin DPC PDI Perjuangan Mesuji.

Merujuk hasil Konfercab serentak DPC PDI Perjuangan se-Lampung, Sabtu (13/07/2019), Dedi ditugaskan partai untuk membenahi struktural serta organisasi DPC PDI Perjuangan Mesuji. Bahkan, sas-sus Ketua DPRD Lampung ini tengah dipersiapkan untuk maju pilkada Mesuji 2022 mendatang.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Lampung, Mingrum Gumay mengatakan, penunjukan Dedi Afrizal sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Mesuji merupakan penugasan partai atas keputusan DPP partai.

“Dan dalam penugasan itu. Pak Dedi beserta sekretaris Desta Arianto dan bendaharanya Gilang ditugaskan untuk melakukan penataan organisasi pasca Konfercab guna persiapan kongres pada 8 Agustus mendatang. Mulai dari penataan Cabang, PAC, Pimpinan Ranting, sampai Pimpinan Anak Ranting serta sekretriatan dan lain – lain,” ujarnya, Minggu (21/07/2019).

Anggota DPRD Lampung ini juga tak menampik jika penugasan Dedi Afrizal sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan dalam dipersiapkan menghadapi Pilkada Mesuji yang masih jauh digelar 2022 mendatang.

“Pada prinsipnya, penugasan partai ini guna dipersiapkan untuk menghadapi event – event politik ke depan. Baik itu pilkada maupun pileg dan pilpres,” jelasnya.

Ketua GMNI Lampung ini menjelaskan, PDI Perjuangan memiliki mekanisme dan sistem evaluatif partai yang bersifat deskresi managerial kepemimpinan dalam menentukan ketua partai.

Lanjutnya, evaluasi itu ada klasifikasinya yang baik, ada yang cukup dan ada yang kurang berdasarkan leadershipnya, SDM, dan faktor dedikasi serta loyalitasnya.

Lebih lanjut, bisa dilihat tingkat konsolidasi, kaderisasi dan tingkat kesekretariatan. Dan hasil implementasinya bagaimana asil pemilihan bupati, pemiliihan gubernur, pemilihan DPR, dan pemilihan presiden.

“Nah kalau dia ternyata mantab itu dibakukan saja. Kalau dia dianggap cukup boleh tidak ada penyempurnaa. Dan kalau dia dianggap kuran berarti ada perubahan,” jelasnya.

Senada juga disampaikan Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik DPD PDI Perjuangan, Yanuar Irawan. Anggota DPRD Lampung ini mengatakan, penugasan Dedi untuk melakukan pembenahan di DPC PDI Perjuangan Mesjui dimana pada pileg 2019 mengalami penurunan kursi.

“Pak Dedi itu penugasan partai. Jadi kalau di kami (PDI Perjuangan) ketika sudah mendapatlkan penugasan partai, maka sebagai kader partai kita tidak bisa menolak dan ewajib untk melaksanakannya,” jelasnya.

Dirinya juga tak menampik jika penugasan Dedi Afrizal sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan dalam dipersiapkan menghadapi Pilkada Mesuji yang masih jauh digelar 2022 mendatang.

“Ya makanya kita lihat dulu perkembangannya seperti apa. Kan Pak Dedi kan dapilnya salah satunya Mesuji. Karean tujua politik itu kan mencapai kekuasaan. Apakah itu memungkinkan, nanti kami pertimbangkan lagi,” tandasnya.

Terpisah, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Mesuji, Dedi Afrizal mengaku dirinya belum berfikir untuk arah pilkada Mesuji. Selain masih jauh tahapannya, Ketua PPNI Lampung ini mengaku masih berfokus untuk melakukan pembenahan partai.

“Saya belum berfikir kearah sana (Pilkada Mesuji). Yang pasti saya akan melakukan upaya penguatan struktur partai hingga ranting bahkan anak ranting,  badan dan sayap partai dan menjalin hubungan dengan partai politik serta seluruh elemen masyarakat mesuji,” ungkapnya.

Menurutnya, langkah awal yang harus dilakukan dalam pentaan adalah melakukan penguatan diinternal pengurus harian/fungsionaria DPC. “Hari ini (kemarin, red) kami melakukan rapat pertama di kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Mesuji hadir pengurus harian dan anggota fraksi,” terangnya.

Langkah lanjutnya adalah agenda silaturahmi dan pengenalan serta membangun semangat kebersamaan dan sinergisitas antar pengurus dalam menyusun program kerja 5 tahun kedepan.

“Optimalisasi kesekretariatan dan adminiatrator DPC. Inventarisir aset. Reatrukturisasi PAC dan ranting menunggu perkembangan setelah kongres agustus mendatang,” tukasnya. (Ramona)

Komentar