oleh

Pilkada Lamtin, Mencuat Tiga Nama

Harianpilar.com, Bandarlampung – Kontelasi politik Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) mulai terasa. Pasalnya, sejumlah nama mencuat bakal bertarung memperebutkan kursi nomor satu di Bumei Tuwah Bepadan ini.

Penulusaran media ini, setidaknya sudah ada tiga nama yang mencuat menjadi bakal calon (balon) bupati. Mereka adalah Zaiful Bukhoiri (Petahana yang juga Ketua DPC  Partai Demokrat Lamtim), Yusran Amirullah (Ketua DPD Partai Nasdem Lamtim), dan Jihan Nurlela (Anggota DPD RI Terpilih 2019 – 2024 yang juga adik Chusnunia Chalim).

Ketua DPC PKB Lamtim, Ahmad Basuki mengatakan, partainya akan mendorong kader internalnya untuk maju pada pilkada Lamtim 2020 mendatang. Termasuk kader terbaiknya Jihan Nurlela.

Dikatakannya, nama Jihan Nurlela mencuat berkat dorongan dan aspirasi dari para kader dan simpatisan PKB di Lamtim. “Jihan salah satu nama yang sering muncul aspirasi dari bawah,” ujarnya, kemarin.

Namun, lanjut dia, pihaknya masih menunggu pedoman umum terkait Desk Pilkada dari DPP. Sembari menunggu, masih kata dia, pihaknya terus menyerap aspirasi dari kader dan simpatisan PKB. “Ini sedang kita gali dan dengarkan siapa yang pass untuk diusung di 2020 mendatang, optimis kita menang lagi,” kata dia.

Selain itu, pihaknya juga meminta masukan-masukan dari keluarga besar Nahdlatul  Ulama (NU) terkait siapa yang pas untuk diusung PKB pada pilkada Lamtim.

“Semuanya kita tampung, kita konsultasikan juga dengan keluarga Besar NU. Insyallah lah kita tidak kekurangan stok kader, surplus kader malahan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga telah melakukan penjajakan dengan partai politik (parpol) lain. Karena, PKB Lamtim masih kurang 2 kursi lagi untuk dapat mengusung Bupati-Wakil Bupati di 2020.

“Maka kita perlu berkoalisi dengan kawan-kawan partai lain. Dan kita sangat terbuka  dengan siapapun. Artinya sekarang masih penjajakan, dan saling menjajakilah,” tukasnya.

Terpisah, Sekretaris DPD Partai Demokrat Lampung, Fajrun Najjah Ahmad mengatakan, partainya memastikan akan memprioritaskan kadernya untuk maju pada pilkada Lamtim.

“Pastinya kami prioritaskan kader yang saat ini menjabat bupati, wakil bupati atau walikota. Dan sampai saat ini aspirasi kader di Lamtim tetap inginkan Zaiful maju lagi,” ungkapnya.

Namun, aku dia, sampai saat ini Zaiful Bukhairi belum berkoordinasi dengan DPD terkait akan maju lagi atau tidaknya. “Yang sudah menyampaikan kepada saya akan maju pilkada adalah wakil walikota Bandarlampung, M Yusuf Kohar. Selain beliau, belum ada yang komunikasi dengan saya. Ya kita tunggu saja dulu prkembangannya,” tukasnya.

Disisi lain, Ketua DPD Partai Nasdem Lamtim, Yusran Amirullah memastikan dirinya akan kembali maju pada pilkada Lamtim 2020. “Rencananya iya lho. Biar yang ketiga kalinya,” selorohnya.

Bahkan, kata dia, dirinya sejauh ini sudah melakukan penjajakan dengan parpol lain. Namun, dirinya enggan menyebutkan spesifik parpol mana saja.

“Belum secara resmi tapi sudah ada penekatan. Ada dech nanti bulan 8 pas pelantikan aja yaa. Saya baru penjajakan belum pasti lho,” tandasnya. (Ramona).

Komentar