oleh

Disporawis Bantah Batalnya Begawi HUT Lampura Akibat Minimnya Dana

Harianpilar.com, Kotabumi – Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporawis) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) Ilham Akbar membantah adanya kabar batalnya salah satu rangkaian kegiatan penghelatan perayaan hari jadi (HUT) Lampura ke-74  yakni begawi adat yang digadang-gadang akan mendapat rekor MURI akibat dari ketiadaan anggaran daerah.

Menurut dia, pembatalan item rangkaian kegiatan HUT Lampura itu lebih disebabkan oleh hal tehnis seperti persiapan panitian dan lain sebagainya.

Saat dihubungi melalaui saluran telepon. Mantan Kabag Protokol Pemkab Lampura itu mengatakan, pembatalan agenda begawi itu disebabkan persiapan panitian yang belum matang. Menurut dia, dalam agenda Begawi yang rencananya akan mendapatkan rekor MURI itu terdapat beberapa item unsur tokoh adat yang belum terpenuhi atau lengkap. Sedangkan untuk melengkali item-item tersebut tidak dapat dilaksanakan dalam waktu singkat. ” Karena event ini sakral harus melibatkan tokoh-tokoh adat dengan segala syarat-syaratnya. Jadi persiapannya harus benar-benar matang. Terpaksa kita pending dulu hingga benar-benar siap. Kita fokus ke agenda atau rangkaian HUT lainnya,” terang Ilham melalui saluran telepon (12/06/2019).

Desas desus yang beredar, pembatalan beberapa item rangkaian perayaan HUT Lampura dikarenakan ketiadaan dana. Bahkan untuk mengundang artis ibu kota dikabarkan Kadis Pemuda, Olahraga dan Pariwisata harus merogoh kocek pribadinya. Menanggapi hal itu, lagi-lagi dibantahnya. Menurut dia, rencananya pemkab akan mendatangkan band papan atas Radja pada malam puncak. Tetapi memang hingga kini masih dalam proses komunikasi dengan pihak manajeman group band tersebut dalam hal penyesuaian jadwal.

“Tidak benar itu, gak ada kaitannya dengan anggaran. Anggaran ada. Intinya hanya hal tehnis,” pungkasnya.

Beberapa tahun belakangan ini, perayaan HUT kabupaten Lampura yang jatuh pada 15 Juni selalu dibarengi dengan beberapa agenda semisal pawai budaya, pameran pembangunan, lomba-lomba hingga mendatangkan artis ibu kota di malam puncak perayaannya. Rencananya pada malam puncak tahun ini, pemkab Lampura akan menghadirkan  band papan atas Radja untuk menghibur masyarakat Lampura. (Iswan/yoan)

Komentar

News Feed