oleh

Pilkada Lamteng, Empat Balonbup Bakal Tarung

Harianpilar.com, Bandarlampung – Konstelasi politik Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) menjelang pemilihan bupati dan wakil bupati yang masih akan digelar Tahun 2020 sudah mulai terasa.

Pasalnya, sejumlah nama sudah bermunculan dan digadang bakal bertarung memperebutkan pucuk pimpinan di Kabupaten berjuluk Beguwai Jejamo Wawai itu.

Penelusuran media ini, setidaknya ada empat nama yang diprediksi bakal maju sebagai bakal calon bupati (balonbup) Kabupaten Lampung Tengah. Adalah Petahana Loekman Djoyosoemarto yang juga Ketua DPC PDI Lamteng, Ketua DPD II Golkar Lamteng Musa Ahmad, Anggota DPRD Lampung dari Gerindra Ikhwan Fadil Ibrahim, dan Anggota DPRD Lampung dari PAN Abdullah Sura Jaya.

Menanggapi hal tersebut, Abdullah Sura Jaya tidak menampik keinginannya untuk maju dalam kontestasi pemilihan bupati di Lampung Tengah. ”Saya ini putra asli daerah, minat untuk kesitu pasti ada, untuk memajukan Kabupaten tercinta ini,”kata Sura, Minggu (19/05/2019).

Sura – sapaan akrabnya – yang juga menjabat sebagai ketua ormas Paku Banten Lampung Tengah ini menerangkan perolehan suaranya dalam pileg tahun ini bisa menjadi  modal untuk ikut memperebutkan posisi dalam Pilbup mendatang. Selain itu, dirinya pun siap mengabdikan atas keinginan masyarakat Lampung Tengah.

“Yang pasti kita lihat saja seperti apa konstelasi politik kedepannya. Kalau ada perintah Partai untuk maju, sebagai kader tentu kita akan siap,” tegas Sura yang kembali terpilih menjadi Anggota DPRD Lampung dengan memperoleh suara sebanyak 23.007 suara ini.

Sementara itu, Anggota DPRD Lampung Ikhwan Fadil Ibrahim didorong untuk maju pada menjadi calon bupati Lampung Tengah pada Pilkada serentak 2020 mendatang. Dorongan itu sendiri datang dari sesama koleganya di Partai Gerindra Lampung.

Politisi Partai Gerindra Lampung, Elly Wahyuni mendukung Ikhwan Fadil Ibrahim untuk maju pada pemilihan Bupati Lampung Tengah periode 2020 – 2025. “Saya sangat mendukung jika dia (Ikhwan Fadil Ibrahim, red) mau maju. Terlebih jika partai mengusulkan nama dia diajukan menjadi cabup,” ujarnya.

Menurutnya, Ikhwan Fadil Ibrahim dinilai sudah sangat layak untuk maju menjadi cabup Lamteng. “Kinerjanya sudah tak diragukan lagi. Kerjanya cerdas, cepat, dan tanggap terhadap suatu hal. Jadi sudah pantas untuk menjadi kepala daerah,” ungkapnya.

Untuk itu, Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Lampug ini sangat setuju jika Ikhwan Fadil Ibrahim diajukan untuk menjadi cabup Lamteng. “Tapi ini nanti tergantung dari keputusan partai. Siapa yang akan diajukan,” tandasnya.

Terpisah, Ketua DPD II Partai Golkar Lamteng Musa Ahmad dinilai layak maju layak maju dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Lamteng 2020 sebagai calon bupati 2021-2025.

“Dengan segala kemampuan dan pengalaman yang dimiliki, beliau sangat layak untuk maju sebagai calon bupati nanti,” ungkap Wakil Ketua DPD II Partai Golkar Lamteng MA. Muhammad Ersad.

Dia juga mengajak masyarakat Lamteng untuk mendoakan Musa agar selalu amanah dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat dan pada waktunya mencalonkan diri sebagai calon bupati pada tahun depan.

“Mari kita doakan beliau untuk selalu diberikan perlindungan dan kesehatan untuk nanti bisa maju dalam Pilkada Lamteng 2020 nanti,” pungkasnya.

Selain empat nama itu, nama Amad Mufti Salim yang juga Ketua DPW PKS Lampung dan Jauhari Subing caleg DPRD Lamteng terpilih dari PKS juga layak diperhitungkan.

Pasalnya apabila dilihat, kekuatan dua politisi ini dalam meraih simpatik dan suara masyarakat tidak perlu di khwatirkan lagi. Dalam pileg tahun ini, baik Mufhti Salim dan Jauhari Subing sama-sama mendapatkan kursi di DPR.

Mufti yang juga mantan Ketua PKS Lampung Tengah itu kembali terpilih sebagai wakil rakyat di Provinsi Lampung melalui daerah pemilihan Lampung Tengah, sementara Jauhari Subing menunjukkan kekuatanya dengan terpilih sebagai wakil rakyat Lampung Tengah melalui dapil 5 yang notabene disebut sebagai dapil neraka.

Kemudian di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) nama Kiyai Slamet Anwar pun jangan dianggap remeh. Ini dia buktikan dengan terpilih kembali sebagai wakil rakyat Lampung Tengah untuk kali kedua.

Untuk Partai Demokrat, nama Anang Hendra Setiawan yang saat ini menjabat sebagai Ketua Demokrat Lamteng perlu diperhitungkan. Namun hingga berita ini diturunkan, dari nama-nama terakhir yang disebutkan diatas belum memberikan keterangan. Dihubungi melalui sambungan selulernya masing-masing belum ada jabawan meskipun nomor yang dihubungi dalam keadaan aktif. (Ramona).

Komentar

News Feed