Kepercayaan Publik Terhadap Aleg Perempuan Meningkat

Harianpilar.com, Bandarlampung – Politisi Partai NasDem, Asih Fatwanita menilai kesadaran dan peran perempuan di dunia politik sudah mulai dipercaya publik untuk mengawal pembangunan daerah.

Menurutnya, hal itu merujuk dari meningkatnya jumlah anggota legislatif (aleg) perempuan yang terpilih dalam pemilihan legislatif (Pileg) 2019, khususnya untuk DPRD Provinsi Lampung. Dari 12 aleg menjadi 17 aleg.

“Alhamdulilah caleg perempuan terpilih meningkat dibandingkan 2014 yang berarti kesadaran dan peran perempuan di dunia politik sudah mulai dipercaya dapat ikut mengisi pembangunan di Provinsi Lampung dengan perannya sebagai aleg,” ujarnya, Rabu (15/05/2019).

Menurutnya, dengan bertambahnya caleg perempuan yang terpilih juga menandakan perempuan bisa dipercaya khususnya masyarakat yang menitipkan amanahnya untuk dapil masing-masing.

“Dan tentunya stigma politik itu cantik bisa kita lihat dari meningkatnya caleg perempuan terpilih ini,” tukas caleg DPRD Provinsi Lampung Dapil 7 (Lampung Tengah) yang kembali terpilih ini.

Senada juga disampaikan Politisi PKB, Binti Amanah. Caleg DPRD Lampung Dapil 8 (Lampung Timur) ini menilai, selain kepercayaan masyarakat kepada aleg perempuan meningkat, tapi karena pemilih sudah bertambah cerdas.

“saya yakin pemilih tidak hanya sebatas memilih caleg karena perempuan. Tapi memilih caleg yang benar – benar menurutnya mampu untuk mengemban amanah sebagai wakil rakyat,” ungkapnya.

Lanjutnya, partai pengusung caleg kuota perempuan pun juga pasti memilih yang sekiranya mampu untuk berkiprah bersama caleg selain perempuan.

“Sehingga jika caleg perempuan terpilih harapanya bisa mewakili kaum permpuan dalam menyalurkan aspirasinya,” tandasnya.

Untuk diketahui, Gedung DPRD Lampung lima tahun kedepan bakal lebih diramaikan lagi dengan 17 aleg perempuan. Jumlah tersebut tentunya bertambah kurang lebih 50 persen dari jumlah aleg perempuan terpilih periode 2014 – 2019 yang hanya berjumlah 12 orang. (Ramona).

Berikut 17 caleg perempuan DPRD Lampung terpilih periode 2019 – 2024

  1. Eva Dwiana (PDIP)
  2. Kostiana (PDIP)
  3. Apriliati (PDIP)
  4. Lesty Putri Utami (PDIP)
  5. Nurhasanah (PDIP)
  6. Ririn Kuswantari (Golkar)
  7. Elly Wahyuni (Gerindra)
  8. Hanifah (PKB)
  9. Siti Rahma (NasDem)
  10. Mardiana (NasDem)
  11. Maulidah Zauharoh (PKB)
  12. Budhi Condro Wati (PDIP)
  13. Ni Ketut Dewi Nadi (PDIP)
  14. Asih Fatwanita (NasDem)
  15. Jauharoh (PKB)
  16. Binti Amanah (PKB)
  17. Ferliska Ramadita Johan (PDIP)
Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *