oleh

Kadistan dan Dandim Tuba Tinjau Lokasi Cetak Sawah

Harianpilar.com, Tulangbawang – Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Tulangbawang (Tuba) Ir.  Sumarno dan Dandim 0426 Tulangbawang Letkol Inf Kohir meninjau secara langsung lokasi cetak sawah di Kampung Dente Makmur, Kecamatan Dente Teladas, Kabupaten Tulangbawang (Tuba), Selasa (14/05/2019).

Dandim menjelaskan jika peninjauan dilakukan untuk melihat hasil cetak sawah yang sudah berjalan dari tanggal 2 Mei 2019 lalu.

“Sampai sekarang dengan hasil kurang lebih 5 Ha dengan target cetak 300 Ha sawah. Tingginya curah hujan menghambat proses kerja Excavator, terhambatnya saluran saluran air, juga kurangnya Excavator menjadi kendala di lapangan,” jelas Dandim.

Masih dijelaskan Dandim, jika pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas PU Tuba untuk melaksanakan normalisasi saluran air, agar air lancar mengalir ke sungai sehingga air yang tergenang di lokasi cetak sawah bisa mengalir.

“Kami juga koordinasi dengan kontraktor agar menambah jumlah Excavator di lapangan,” lanjut Dandim.

Sebelumnya, Komandan Korem 043/Garuda Hitam Kolonel Kav Taufiq Hanafi memimpin paparan perluasan cetak Sawah diwilayah provinsi Lampung tahun 2019, bertempat di Aula Ahmad Yani Makorem 043/Gatam.

Kepala Seksi Teritorial Korem 043/Gatam Letnan Kolonel Inf Sahnun dalam paparannya didepan tim pemantau cetak sawah Mabesad Kolonel Inf Syaiful Ilyas dan Kolonel Inf Hendry Batara menyampaikan tentang rencana pelaksanaan cetak sawah diwilayah Provinsi Lampung.

“Lokasi lahan cetak sawah terletak di Kabupaten Tulangbawang dan Kabupaten Mesuji wilayah teritorial Kodim 0426/Tubangbawang dengan jumlah luas lahan yang akan dicetak 600 Ha masing-masing 300 Ha Kabupaten Tulangbawang dan 300 Ha Kabupaten Mesuji dengan lokasi desa Dente Makmur di Kecamatan Dente Teladas Kabupaten Tulangbawang seluas 300 Ha. dan disa Tirta Laga 210 Ha, desa Wonosari 90 Ha di Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji,” ungkapnya.

Hadir Pada rapat paparan cetak sawah Tubagus Rifki dari Dinas Tanaman Pangan Provinsi Lampung, Firdaus Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji, Sunarno dari Dinas Pertanian Tulangbawang, Harry Sulistyo Konsultan Pertanian, Letkol Czi Mulyadi kepala Staf Korem 043/Gatam, Letkol Arm Kusfiandar dan Mayor Arm Bob Alam Pasiwanwil staf ter Korem 043/Gatam. (Rizal)

Komentar

News Feed