oleh

Kades Sumberjaya Diduga Tilep Dana BUMDes

Harianpilar.com, Lampung Selatan – Kepala Desa (Kades) Sumberjaya, Kecamatan Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) Asep Sudarmansyah diduga kuat menilep Dana Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tahun 2017 dan tahun 2018.

Pasalnya, Dana BUMDes tahun 2017 dan tahun 2018 yang nilainya diperkirakan mencapai Rp180 juta habis dipergunakan untuk membangun wisata kuliner di bendungan desa setempat. Namun di lapangan hanya dibuatkan delapan gubuk yang terbuat dari bambu. Kini kondisi delapan gubuk sudah rusak parah.

Ketua BUMDes Desa Sumberjaya Nakir mengatakan dana BUMDes dua tahun habis dipergunakan untuk membangun wisata kuliner yang lokasinya di bendungan desa setempat.

Selain itu juga, dana BUMdes untuk membangun gedung warung desa yang bersebelahan dengan pasar desa.  “Dana BUMDes habis untuk membangun delapan gubuk dan warung desa. Hingga kini warung desanya tidak berjalan karena tiadak ada isinya,” kata Nakir di rumahnya belum lama ini.

Sementara Bendahara BUMDes Lia yang merupakan anak kandung sang kepala desa, kini entah tinggal dimana.

Amin, warga setempat mengatakan bendungan dibagun sekitar 15 tahun yang lalu. Sedangkan gubuk dibangun oleh Kepala Desa Asep Sudarmansyah. “Kalau bendungan dibangun sudah lama, sekitar 15 tahun yang lalu, sedangkan delapan buah gubuk sekitar empat apa enam bulan yang lalu. Namun kini sudah pada rusak,” kata Amin di lokasi bendungan belum lama ini.

Nemun demikian, kata Amin, dia tidak mengetahui dana yang dipergunakan untuk membangun gubuk. “Yang bangun gubuk pak kades . Waktu membangun gubuk pak Asep sering ke lokasi,” cetusnya.

Lebih lanjut dia mengatakan selama ini bendungan dipadati pemancing yang datang dari berbagai desa di Kecamatan Jatiagung, terutama pada hari Sabtu dan Minggu pemancing sangat banyak.

Man, warga Margolestari mengatakan dirinya bersama salah seorang temannya sering memancing di bendungan Desa Sumberjaya. “Begitu bendungan diresmikan ditebar bibit ikan gurameh,” katanya.

Amsir, Poldes mengaku tidak tahu secara pasti dana yang dipergunakan untuk membangun delapan gubuk tersebut. Sedangkan bendungan dibangun tahun 2003 yang lalu.

Kepala Desa Sumberjaya Asep Sudarmansyah ketika hendak dikonfirasi di balai desa pada Kamis (9/5) dalam keadaan terkunci. Ketika disambangi ke rumahnya tidak ada ditempat. Salah seorang anak perempuannya mengatakan bapak sedang keluar dengan ponakannya. “Bapak baru saja keluar,” kata salah satu anakanya. (Mar)

Komentar

News Feed