Disnakertrans Lampura Tekankan Perusahaan Wajib Beri THR Karyawan

Sekretaris Disnakertrans Imam Hanafi menjelaskan terkait THR terhadap karyawan perusahaan

Harianpilar.com, Lampung Utara – Menjelang hari raya Idul Fitri 1440 H, perusahaan-perushaan yang ada di wilayah Lampung Utara (Lampura) diwajibkan untuk memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada para pekerjanya. Jika tidak, maka perusahaan tersebut akan diberikan sanksi tegas.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Imam Hanafi mengatakan, kewajiban perushaan-perusahaan di setiap tahunnya adalah memberikan THR bagi seluruh pekerjanya jika tidak maka akan ditinjau atau dicopot surat izin usahanya.

“Dalam undang-undang telah ada aturannya H-7 THR harus sudah diberikan. Jika membandel ya terpaksa kita cabut izin usaha atau operasionalnya,” tegas Imam di ruang kerjanya Rabu (15/05/2019).

Saat ini, kata dia, Disnakertrans sedang menunggu turunnya surat edaran (SE) dari Gubernur sebagai regulasi tehnis penerapan THR yang akan disampaikan kepada seluruh perusahaan yang ada di Lampura. “Besaran THR  satu bulan gaji pokok setara UMR yakni Rp. 2. 268.750,-. Tentunya tidak semua perusahaan harus memberikan THR sebesar itu karena tergantung besar kecilnya perusahaan yang sudah masuk katagori dalam peraturan yang ada. Kita akan pantau pelaksanaannya,” terang Imam.

Terkait adanya posko pengaduan karyawan jika terdapat perusahaan yang tidak menunaikan pemberian THR. Mantan Kepala Bidang Pendidikan Formal dan Non Formal Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampura ini menyatakan bahwa laporan terkait itu disampaikan melalui organisasi serikat pekerja di masing-masing perusahaan. ” Kita juga menjalin kemitraan dan selalu berkoordinasi dengan persatuan pekerja seperti SPSI, SBSI dan federasi-federasi terkait untuk menyelesaikan masalah pekerja yang berkaitan dengan hubungan industrial. Intinya melalui laporan serikat pekerja kita akan proses,: pungkasnya. (Iswant/yoan)

Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *