Pairin Jamin Kupon Pasar Murah Tepat Sasaran

Harianpilar.com, Metro – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menjamin, sekitar 6000 kupon sembako yang dibagikan ke masyarakat telah tepat sasaran. Hal tersebut disampaikan Walikota Metro Achmad Pairin saat dikonfirmasi awak media, Senin (13/05/2019).

Pairin menyampaikan, ribuan kupon tersebut digunakan untuk menebus sembako pada kegiatan pasar murah di Bumi Sai Wawai yang akan dimulai pada Selasa, 14 Mei 2019 besok.

“Sekitar 6000 kupon, kalo tahun kemarin kan harganya berapa dan nebusnya juga masih tinggi. Kalo ini nebusnya sangat murah sekali hanya 15 Ribu nebusnya,” ucap Pairin.

Pairin menjamin, seluruh kupon yang didistribusikan ke masyarakat Kota Metro telah tepat sasaran.

“Untuk teknisnya dari dinas sosial, kan dinas sosial sudah ada data-data yang orang yang berhak mendapatkan itu. Iya, itu yang paling utama kita menjamin ini tepat sasaran. Itu yang kita utamakan,” kata dia.

Dirinya berharap kehadiran pasar murah dapat meringankan masyarakat beban masyarakat kurang mampu, khususnya menjelang idul fitri.

“Yang jelas bisa membantu masyarakat, walaupun kalau di bandingkan hanya sedikit. Nilai rupiahnya juga cuma segitu. Mudah-mudahan dapat membantu meringankan,” pungkas Pairin.

Dari informasi yang berhasil dihimpun bahwa pembukaan pasar murah dimulai di Kecamatan Metro Pusat, Tepatnya di Lapangan 22 Hadimulyo Barat.

Pasar murah itu berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 13.00 WIB. Sembako yang dibagikan sebanyak 2.363 paket sembako dengan harga Rp 15.000, per paket sembako.

Dari harga paket tersebut berisikan, 2 Kg beras, tepung terigu 1 bungkus, minyak goreng 1 bungkus, mie instan 7 bungkus, gula pasir 1 Kg, kecap 1 bungkus.

Pemkot Metro akan menggelar pasar rakyat di lima kecamatan se-Kota Metro. Pasar rakyat diawali di Lapangan Hadimulyo Barat, rencananya dibuka walikota, Selasa (14/05/2019).

“Digelarnya pasar rakyat untuk meringankan beban masyarakat memenuhi kebutuhan menjelang lebaran,”ujar Asisten II Sekkot Yerri Ehwan, di ruang kerjanya, Senin (13/05/2019).

Pasar rakyat dibagi dua paket, berupa kebutuhan pokok yang disubsidi pemkot dan  kerjasama dengan pengusaha.  Keduanya merupakan paket murah dijual dengan harga dibawah harga pasar.

“Satu paket diperuntukkan masyarakat kurang mampu mengunakan kupon masing-masing senilai Rp15 ribu ditukar dengan belanjaan yang telah disubsidi oleh Pemkot,”ucapnya. Dari uang senilai Rp15 ribu tersebut akan mendapatkan belajaan berupa beras, tepung, minyak goreng, mie instan, gula pasir dan kecap.  “Kupon ini diberikan untuk warga kurang mampu di Kota Metro,”tuturnya.

Sedangkan kupon satunya lagi, belanja murah hasil kerjasama dengan pelaku usaha, seperti: Bulog,  Indo Mart, PB Sawalayan, Chandra, PT Mayori dan pedagang telur. “Paket ini dibuka untuk umum dan warga kurang mampu, dijual dengan harga dibawah harga pasar,”tambahnya. Di pasar Rakyat juga menjual kebutuhan lebaran, termasuk kue kring, roti kaleng, minuman sirup dan lainnya.

Selain itu Pasar rakyat juga menyajikan julan pakaian layak pakai yang digelar Dharma Wanita. “Nantinya pakaian itu dijual dengan harga yang sangat murah dan amat terjangkau,”tandasnya.

Menurut rencana pasar rakyat akan dibuka Walikota Metro A.Pairin, hari ini (Selasa 14/05/2019). (Zuli)

Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *