P2TP2A Lampura Soroti Maraknya Pelecehan Seksual Terhadap Anak

Harianpilar.com, Lampung Utara – Sering mendengar informasi adanya aksi pelecehan seksual terhadap anak, membuat Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) angkat bicara.

P2TP2A sangat penyayangkan tindakan tersebut dengan menghimbau, agar para orang tua yang memiliki anak anak khususnya perempuan dapat  lebih ekstra mengawasi kegiatan sehari hari dan selalu memperhatikan psikologis anak sehingga jangan sampai kurangnya perhatian.

Menurut Imam Hanafi selaku penasihat P2TP2A Lampung Utara, yang juga menjabat Sekertaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, musuh atau pelaku kejahatan itu tidak jauh dari sekitar rumah kita. Dan bahkan, sering kali masih ada hubungan saudara.

“Kepada orang tua harus lebih mengawasi lebih intensif lagi, karena yang saya lihat pelaku pencabulan ini kebanyakan orang orang terdekat,” Jelas Imam Hanafi, ditemui kantornya, senin (13/05/2019)

Penyebab lainya, menurut Imam, bisa juga dari kemajuan teknologi yang saat ini sudah merajalela, dimana anak anak dapat bebas mengakses melalui handpone dan ini perlu adanya sosialisasi lebih dari Dinas terkait. “Maka perlu kalau pengawasan ekstra, bila perlu bisa dianggaran melalui dana desa (DD) untuk dilakuian sosialisasi hingga ketingkat RT RW, sehingga dapat menekan angka kekerasan terhadap anak.” katanya.

Masih kata dia, seringnya mengikuti informasi terkait kasi itu, dirinya mengapresiasi terhadap pihak Kejaksaan Negeri Lampung Utara, yang memberikan penuntutan seberat beratnya kepada pelaku. Dirinyapun terus berupaya untuk terus berkoordinasi dengan pihak KPAI dan Polsek Polsek didaerah setempat agar kejadian serupa dapat dikurangi. (iswant/yoan)

Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *