oleh

Mulai 29 Mei Tol Bakauheni-Palembang Beroperasi

Harianpilar.com, Bandarlampung – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan tol yang menghubungkan Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan dengan Palembang akan beroperasi saat mudik Lebaran 2019. Untuk ruas Bakauheni sampai Terbanggi Besar akan diberlakukan tarif mulai 17 Mei, sementara Terbanggi ke Palembang digratiskan.

Adapun Bakauheni, Lampung Selatan dengan Palembang tersambung 3 ruas tol, yakni Bakauheni-Terbanggi Besar, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, dan Kayu Agung-Palembang.

Untuk ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar telah beroperasi penuh sejak bulan Maret 2019 lalu. Sementara Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, dan Kayu Agung-Palembang akan beroperasi fungsional.

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Refi Andri menyampaikan kedua tol yang beroperasi fungsional itu akan dibuka mulai 29 Mei hingga 9 Juni 2019, sesuai dengan jadwal operasi ketupat.

“Kami sudah melakukan komunikasi dengan Direktorat Lalu Lintas, khusus untuk ruas fungsional tersebut akan dimanfaatkan pada siang hari saja dari pukul 06.00-18.00 WIB, mengingat rambu dan lampu penerangan yang belum lengkap,” ujarnya seperti dilansir kumparan.com, Minggu (12/05/2019).

Sementara itu, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengungkapkan pada saat mudik Lebaran 2019 nanti, ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang akan dibuka 2 jalur, baik dari arah Bakauheni maupun sebaliknya.

“Tetapi untuk ruas Pematang Panggang-Kayu Agung baru bisa dibuka untuk satu jalur. Untuk yang ke arah sebaliknya belum bisa masih satu jalur dua line saja. Kemudian langsung ke Jakabaring. Semua sudah bisa tersambung. Untuk pengaturan lalu lintasnya kami serahkan kepada Korlantas Polri,” kata Basuki.

Adapun Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 km pembangunannya menelan biaya investasi sebesar Rp 21,95 triliun. Progresnya untuk Terbanggi Besar-Pematang Panggang saat ini sudah 91,24 persen dan Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 77 Km sudah 95 persen.

Tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) tarifnya akan segera diberlakukan. Tarif tol terpanjang se-Indonesia ini akan ditarif mulai tanggal 17 Mei 2019.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Cabang PT Hutama Karya Tol cabang Bakauheni-Terbanggi Besar, Hanung Hanindito. Hanung mengatakan mulai pukul 00.00 hari Jumat ini tol Bakter akan mulai bertarif.

“Mulai hari Jumat 17 Mei 2019 pukul 00.00 WIB , tarif pada ruas tol Bakauheni – Terbanggi Besar mulai diberlakukan,” ungkap Hanung seperti dilansir detikFinance, Minggu (12/05/2019).

Hanung mengimbau kepada pengguna jalan tol Bakter untuk mulai menyiapkan saldo uang elektronik yang cukup saat ingin menggunakan jalan tol. Dia mengatakan semua transaksi di jalan tol akan dilakukan secara non tunai.

“Kepada seluruh pengguna jalan yg ingin melintasi jalan tol ruas Bakauheni-Terbanggi Besar agar dapat mengisi saldo uang elektroniknya sesuai dengan tujuannya agar tidak mengalami kendala pada gerbang-gerbang tol kami. Karena seluruh gerbang tol kami hanya menerima pembayaran secara non tunai,” kata Hanung. (Kmpr/Maryadi)

Komentar

News Feed