oleh

Lokasi Pemindahan Ibu Kota Tanah Kalimantan Gambut, Lampung Lebih Layak

Harianpilar.com, Bandarlampung – Provinsi Lampung dinilai lebih layak dan siap untuk menjadi pusat pemerintahan Republik Indonesia. Sebab, daerah Kalimantan yang digadang-gadang menjadi lokasi pemindahan ibu kota justru memiliki banyak titik lonsor dan kontur tanahnya asam atau gambut.

Dari penelusuran Harian Pilar, diketahui Data Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Balikpapan Kalimantan Timur menyebutkan telah terjadi 50 kasus pergeseran tanah dan longsor selama 2018. Menjadi bencana nomor satu di tahun yang sama. Disusul pohon tumbang dan banjir. Angka ini mengalami penurunan jika dibandingkan 2017 yang mencapai 78 kasus. Soal urutan bencana, di 2017, longsor jadi bencana nomor dua setelah banjir yang mencapai 89 kasus. (lihat grafis).

Kepala BPBD Kota Balikpapan, Suseno, dalam berbagai kesempatan selalu mengatakan, Balikpapan merupakan wilayah rawan longsor. Bahkan, data tahun lalu, ada 18 titik wilayah rawan longsor. Titik ini bakal bertambah seiring semakin berkembangnya pembangunan di Balikpapan. (BERITA SELENGKAPNYA BACA DI SURAT KABAR HARIAN PILAR EDISI HARI RABU, 08-MEI-2019)

Komentar

News Feed