oleh

Disparbudpora-Kejari Tanggamus Teken Penanganan Masalah Hukum

Harianpilar.com, Tanggamus – Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olah Raga (Disparbudpora) Kabupaten Tanggamus, Penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) Penanganan Masalah Hukum bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanggamus.

MoU yang digelar dan dilaksanakan di Rumah Makan Savana Kecamatan Kotaagung Timur, Kamis (11/04/2019) dihadiri Perwakilan Seketaris Daerah Kabupaten Tangggamus Firman Rani, Kepala Kejaksaan Negeri David P Duarsa SH,.MH.,Kepala Dinas Pariwisata Hj.Retno Noviana Damayanti,.S.T., M.T Perwakilan Inpektur Tanggamus dan Perwakilan Kepala bagian Hukum Tanggamus.

Dalam sambutannya Kepala Dinas  (Disparbudpora) Hj. Retno Noviana Damayanti S.T.,M.T mengatakan

Penanda tanganan kesepakatan bersama antara (Disparbudpora) bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanggamus ini dibidang masalah hukum. Dengan tujuan untuk menghindari adanya kebijakan pejabat tata usaha Negara maupun penyelenggara pemerintah daerah lainnya digugat maupun diperkarakan keperadilan perdata maupun tatausaha Negara. melalui pendamping pihak kejaksaan selaku pengacara Negara.

Disamping itujuga untuk bersama sama menangani dan bersinegri dalam perkara perdata atau tata usaha Negara yang dihadapi oleh pemerintah Kabupaten melalui Disparbudpora Tanggamus. Sebagai akibat penyelenggara tugas-tugas pemerintah terutama dalam menerapkan kebijakan kebijakan yang akan di ambil.

“Dengan harapan dapat menjadi payung hukum untuk meminta petunjuk, arahan dan pencerahan bagi dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Tangggamus kepada Kejaksaan Negeri Tanggamus terkait permasalahan yang di hadapi,” ujarnya Retno.

Retno juga berharap semoga setelah penandatanganan kerjasama ini, kerjasama yang selama ini terjalin baik, dapat lebih baik lagi dan ditingkatkan dimasayang akan datang. “Guna mendukung kelancaran pelaksanaan tugas- tugas umum pemerintah Kabupaten Tanggamus pada umumnya dan khususnya Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupatem Tanggamus terutama utuk melayani masalah hukum,” pintanya Retno.

Kepala Kejaksaan Negri David P Duarsa SH,.MH, menerangkan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (MoU) ini dibidang hukum perdata dan tata usaha Negara serta penegak hukum lainnya diamatkan dalam UU RI No 16 tahun 2004 tentang kejaksaan RI, bahwa bahwa kejaksaan RI sebagai salah satu Aparatur Penegak Hukum (APH) di Indonesia merupakan satu satunya lembaga penuntutan dalam semua tindak pidana.

Dimana kejaksaan RI juga diberikan wewenang lain berdasarkan Undang Undang dapat melakukan penegakan hukum baik secara Preventif maupun secara Represif. “Saat ini reformasi biokrasi ditubuh kejaksaan pada hakekatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggara terutama pada hal hal yang menyangkut aspek kelembagaan ketatalaksanaan busineess process dan sumberdaya manusia aparatur,” terang David.

David menambahkan, dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan tehnologi, informasi dan komunikasi, perubahan lingkungan yang strategis menuntut setiap aparatur kejaksaan untuk senantiasa mengawal berbagai dinamika yang terjadi di masyarakat. Agar tetap sesuai dengan tuntutan jaman.

“Inilah yang menjadi salah satu alasan untuk mengambil kebijakan langkah yang bersifat mendasar dan komprehensif dengan dilaksanakan (MoU) yang hari ini kepada dinas Pariwisata Kebudayaan Pemudaan dan Olah Raga dalam penyelesaian permasalahan dibidang perdata dan tata usaha Negara,” terangnya David.

Lebih lanjut David mengatakan dengan telah ditandatangani keputusan bersama diharapkan simbiosis mutualisme antara para pihak akan terus terjalin.” Saya berharap MoU ini merupakan awal dari kerjasama lain yang lebih baik lagi antara Kejaksaan RI dengan Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Tanggamus. Dan memajukan Pariwisata nya dimana memiliki Destinasti Wisata yang indah,” ungkapnya David.

Sementara Seketaris Daerah Tanggamus yang di wakilkan Asisten III Firman Rani

menyambut baik atas terjalinnya kerjasama MoU antara Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olah Raga dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanggamus. ” Dengan terjalinnya kerjasama MoU ini, semoga kedepan Diparbudpora lebih meningkatkan kinerjanya dan kualitas yang lebih baik lagi serta cermat tidak lengah. Dan dalam segala bentuk kegiatan harus sesuai dengan peraturan yang ditentukan,” pungkasnya. (Asis)

Komentar

News Feed