oleh

Aliansi BEM Lampung Ajak Bawaslu Kawal Pemilu Cerdas dan Berintegritas

Harianpilar.com, Bandarlampung – Aksi yang digelar Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Lampung (BEM) didepan Kantor Bawaslu Provinsi Lampung mendapat sambutan baik dari pihak Bawaslu. Pakta Integritas yang diajukan berhasil ditandatangani oleh ketua Bawaslu Fatikhatul Khoiriyah, Jumat, (05/04/2019).

“Kami menyambut baik, dan mengapresiasi kedatangan adik-adik sebagai bentuk kepedulian terhadap sistem demokrasi kita. Tentu untuk mewujudkan pemilu yang cerdas dan berintegritas Bawaslu  tidak dapat bergerak sendiri oleh karena itu nantinya akan sangat membutuhkan pengawalan lanjut dari teman-teman mahasiswa,” ungkap Fatikhatul Khoiriyah.

Aksi yang digelar mulai pukul 13.30 WIB ini sempat tersendat. Beberapa perwakilan Aliansi yang diperbolehkan memasuki Kantor Bawaslu tidak menemui Ketua Bawaslu.

Menurut keterangan ketua Bawaslu sedang berada dikantor KPU Provinsi Lampung. Namun akhirnya pada pukul 16.30 WIB Ketua Bawaslu hadir menemui mahasiswa dan menandatangani tuntutan yang diajukan melalui pakta integritas.

Isi pakta integritas yang diajukan yakni memiliki empat poin tuntutan yaitu terdiri dari : Mengurangi kecurangan pemilu 2019 di Provinsi Lampung; Melaksanakan Transparansi publik, yaitu anggaran penyelenggara pemilu Bawaslu Provinsi Lampung; Menindak tegas segala bentuk pelanggaran administrasi dan pidana pemilu 2019, dan; Menekan konflik akibat politik identitas.

“Aksi ini lebih menegaskan politik yang bersih serta anti money politik, setelah adanya kesepakatan antara KPU, BAWASLU maka kami akan membantu mengawal pelaksanaan pemilu yang cerdas dan berintegritas. Kami merencanakan untuk membuka peluang volunteer anti politik uang, untuk terus mengawal pemilu yang berintegritas” Jelas Fajar Agung Pangestu, Presiden BEM U KBM Unila. (Ramona)

Komentar

News Feed