OPD dan Peserta Musrenbang Pesawaran Walk Out

Tampak digambar, suasana Musrenbang RKPD tahun 2019 Pemkab Pesawaran, usai jeda makan siang terlihat sepi karena ditinggalkan oleh peserta Musrenbang.

Harianpilar.com, Pesawaran – Ulah sikap kurang disiplin dan loyalitas ditunjukkan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para Kepala Desa (Kades) serta peserta Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) lainnya dengan meninggalkan ruang (walk out).

Kejadian tersebut sangat disayangkan oleh Ketua Dewan Riset Daerah Kabupaten Pesawaran, DR. Edi Irawan.

Karena menurutnya, Musrenbang RKPD ini adalah merupakan kordinasi keterkaitan program OPD satu dengan OPD lainnya, sehingga para OPD mesti bersungguh-sungguh mengikuti Musrenbang RKPD ini. Dan terpenting selain itu, kata Edi, output RKPD 2019 ini adalah juga untuk sampai pada RABD ditahun 2020 mendatang.

“Kegiatan ini sangat penting karena selain kordinasi antar OPD juga outputnya dari Musrenbang ini adalah untuk sampai pada RAPBD tahun 2020 nanti. Namun kenapa pemaparan belum selesai banyak peserta yang meninggalkan tempat. Dan  memang kondisinya menyeluruh lha, kalau disetiap separo acara pesertanya tingal separo, dan kalau di Kabupaten Pesawaran lumayan bagus lha, memang ada sih yang pulang sebelum selesai acara tadi (Musrenbang RKPD 2019),” sindir Edi di GSG, Selasa (26/03/2019).

Musrenbang RKPD Kabupaten Pesawaran tahun 2019 guna menentukan arah program kegiatan ditahun 2020, yang dihelat Pemda pesawaran, Selasa (26/03/2019) usai jeda makan siang tampak terlihat sepi karena ditinggalkan oleh para peserta Musrenbang.

Padahal diketahui kegiatan yang dibuka oleh Setdakab Pesawaran, Ir. Kesuma Dewangsa mewakili Bupati Dendi Ramadhona pada pagi sebelumnya terlihat ramai peserta.

Dari 4 OPD yang dijadwalkan melaksanakan pemaparan pada Musrenbang dengan mengusung tema “meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dan akselerasi pengurangan kemiskinan untuk pertumbuhan berkualitas” itu, saat sebelum makan siang baru Dinas Pariwisata yang rampung melakukan pemaparan. Sedangkan melanjutkan usai jeda makan siang 3 OPD seperti Badan PMD dan Dinas Sosial serta Disnakertran baru akan  melaksanakan pemaparannya.

Sementara dalam sambutan Bupati Pesawaran yang disampaikan Setdakab, Ir Kesuma Dewangsa mengatakan, rangkaian acara Musrenbang Kabupaten Pesawaran tahun 2019 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah  Tahun  2020.

Bupati berharap, kepada semua peserta musyawarah yang turut berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan ini untuk bersama-sama merumuskan kebijakan dibidang perencanaan pembangunan.

Karena menurutnya, Musrenbang yang dilaksanakan ini mempunyai arti yang sangat penting bagi pembangunan Kabupaten Pesawaran, karena dilaksanakan secara partisipatif oleh para pemangku kepentingan untuk menyepakati rencana kegiatan tahun anggaran yang akan datang dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari mekanisme perencanaan, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah.

Dan disamping itu, Forum Musrenbang RKPD 2019 bertujuan untuk memantapkan pemahaman bersama, baik di kalangan pemerintah, dunia usaha dan masyarakat tentang pentingnya sinergi kebijakan dan program prioritas pembangunan, melakukan klasifikasi atas prioritas kegiatan pembangunan mulai dari desa, kecamatan sesuai dengan fungsi-fungsi Perangkat Daerah Kabupaten, sehingga terbangun komitmen bersama diantara para pemangku kepentingan dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, transparan dan akuntabel. (Fahmi/Mar)

Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *