Dibawah ‘Bayangan Stunting’ Bupati Lamteng Beli Randis Miliaran

Harianpilar.com, Bandarlampung – Pemerintah pusat melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menetapkan Lampung Tengah sebagai salah satu wilayah yang memiliki kasus stunting yang cukup tinggi. Mirisnya, di bawah bayang-bayang masalah gizi kronis itu Pemkab Lamteng justru melakukan pengadaan kenderaan dinas untuk Bupati-nya dengan nilai miliaran tahun 2019 ini.

Dari penelusuran Harian Pilar, Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Lampung Tengah mengalokasikan anggaran Rp2,3 Miliar untuk pengadaan kendaraan dinas operasional Bupati. Proyek itu menggunakan dana APBD tahun 2019 dan telah ditender yang dimenangkan oleh PT. Astra Internasional Tbk. TSO dengan penawaran Rp 2.295.850.000 hanya turun Rp4.150.000 atau 0,18 persen dari HPS.

Pengadaan Randis bernilai miliaran ini dilakukaan saat Lamteng masuk dalam prioritas stunting. Berdasarkan defenisi Buletin Jendela Data dan informasi Kementerian Kesehatan tahun 2018, Stunting adalah masalah gizi kronis pada balita yang ditandai dengan tinggi badan yang lebih pendek dibandingkan dengan anak seusianya. Anak yang menderita stunting akan lebih rentan terhadap penyakit dan ketika dewasa berisiko untuk mengidap penyakit degeneratif. Dampak stunting tidak hanya pada segi kesehatan tetapi juga mempengaruhi tingkat kecerdasan anak. (BERITA SELENGKAPNYA BACA DI SURAT KABAR HARIAN PILAR EDISI HARI SENIN, 18-MARET-2019) 

Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *