Cegah Kebocoran BOS, Elemen Masyarakat Temui Kadisdikbud

Perwakilan Ormas Pesawaran, saat audensi bersama dengan Disdikbud Pesawaran, diruang rapat Disdikbud setempat, kamis (07/02/2019).

Harianpilar.com, Pesawaran – Untuk memcegah terjadinya kebocoran dana bantuan baik berupa Bantuan Operasional Sekolah (BOS) maupun Program Indonesia Pintar (PIP) pada tingkat satuan pendidikan di wilayah Kabupaten Pesawaran, sejumlah elemen masyarakat mengadakan audensi bersama dengan institusi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat, Kamis (07/02/2019).

Para perwakilan elemen masyarakat itu diterima langsung oleh Kadisdikbud, Fauzan Suaidi dan Sekretaris, Yahtar Malyan diruang rapat Disdikbud setempat. Sabturizal, Ketua Garda P3ER Pesawaran meminta Disdikbud Pesawaran meningkatkan pengawasan terhadap perelisasian dana bantuan yang diterima oleh pihak sekolah. Sebab sangat rawan penyimpangan akibat minimnya pengawasan yang dilakukan pihak terkait.

“Seharusnya Dinas Pendidikan melalui Korcam mengetahui dan melakukan pengawasan intens setiap bantuan yang masuk pada sekolah itu sudah terealisasi atau belum. Karena bagaimanapun permasalahan yang terjadi ditingkat satuan pendidikan masih merupakan tanggung jawan pihak Dinas,” ujar Sabturizal.

Menanggapi masih adanya dugaan penyalahgunaan penyimpangan dan pemotongan PIP yang dikucurkan oleh pemerintah pusat guna membantu bagi siswa miskin ini, Kepala Dinas pendidikan Kabupaten Pesawaran, H Fauzan Suaidi, akan bersikap tegas dengan memberikan sanksi pemberhentian dari jabatannya sebagai Kepala sekolah terhadap oknum Kepsek yang masih tidak menyalurkan PIP maupun melakukan praktik pemotongan atas bantuan sekolahnya.

“Memang tidak menutup mata jika masih ada Kepsek yang bermain-main dengan PIP ini. Dan karena itu salah satu Kepsek di Kecamatan Kedondong telah kita berhentikan dari jabatannya akibat penyalahgunaan program PIP tersebut,” ungkap Fauzan.

Selanjutnya kata Fauzan, menyikapi adanya indikasi kebocoran PIP, pihaknya selain akan membenahi sistim dengan melibatkan Komite sekolah dalam penyaluran PIP, juga akan memberikan edaran kepada pihak sekolah penerima PIP. Sehingga kedepannya tidak lagi terjadi penyimpangan terkait perealisasian dana PIP ini.

“Setiap rakor tidak hentinya saya menghimbau kepada semua kepala sekolah untuk tidak main-main dengan bantuan PIP ini. Disisi lain kita juga telah meminta kepada inspektorat guna menelusuri terkait penyaluran PIP oleh pihak sekolah tersebut, apakah sudah tersalurkan sesuai peruntukkannya,” pungkasnya. (Fahmi)

Header Banner Advertisement
Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *