Satlantas Mesuji Himbau Warga Buat SIM

Harianpilar.com, Mesuji – Polres Mesuji melalui Satuan Lalulintas (Satlantas) kembali menghimbau kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Mesuji untuk dapat memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Hal itu tidak lain disebabkan banyak masyarakat belum memiliki SIM.

Kapolres Mesuji AKBP.Edi Purnomo.S.Ik didampingi Kasat Lantas Polres Mesuji AKP. Haldy Nasution.SE mengatakan, saat ini masih banyak masyarakat khususnya di kabupaten Mesuji yang sampai saat ini belum memiliki SIM. Dan ini diketahui dari hasil tindak pelanggaran Lalu Lintas saat melakukan razia.

“Masih banyak masyarakat yang belum memiliki sim. padahal, kepemilikan SiM itu sangat penting dan Bermanfaat bagi pengendara R2 dan R4 yang tercantum pada Pasal 18 (1) UU.No.14 Tahun 1992 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan bahwa setiap pengendara Bermotor wajib memiliki Surat Ijin Mengemudi,”papar Kamis (10/01/2019).

Untuk itu, kami dari pihak kepolisian menghimbau agar masyarakat dapat membuat dan memiliki SIM. Terlebih untuk pembuatan sim itu sangat mudah, dalam arti masyarakat dapat mendaftarkan diri untuk pembuatan sim secara online atau datang Langsung Ke kantor sat lantas Polres Mesuji.

“Silahkan masyarakat datang ke kantor Satlantas atau daftar secara online. Kami menyediakan pembuatan Sim A Untuk Kendaraan Pribadi R4, SIM C untuk Kendaraan Pribadi R4, Sim B.I untuk kendaraan Cold Diesel Dan Sim B II untuk Kendaraan Truck Tronton,” bebernya.

Untuk pembuatannyapun sangat mudah, yakni masyarakat dapat datang langsung ke kantor Sat lantas Polres Mesuji degan Alamat Di samping Polsek Simpang Pematang degan membawa KTP -Elecktrik (Kartu Tanda penduduk -El ) dan surat Keterangan sehat bisa dari Dokter,Puskesmas atau Surat Keterangan Sehat dari klinik terdekat.

“Nah jika persyaratan itu sudah selesai selanjutnya satlantas polres mesuji akan memberikan bimbingan Berupa Tes kepada Calon Pembuat SIM di antaranya, kita lakukan Tes Teori yang mengacu kepada tata cara mengendarai kendaraan yang baik dan benar,”imbuhnya.

Dilabjutkannya, setelah itu kita lakukan Tes praktek ( pengendara di wajibkan mengendarai motor atau mobil pada tempat Tes Driver yang telah disiapkan. Untuk selanjutnya di lakukan Tes Psikologi yang menuntun para calon Pembuat SiM itu benar benar di nyatakan siap Untuk Berpergian menggunakan Kendaraan.

“Masih banyak masyarakat yang masih binggung bagai mana cara mendaftar agar dapat memiliki Sim, untuk lebih memudahkan atau mengenalkan kepada masyarakat tentang cara cara pembuatan sim satlantas polres mesujipun saat ini memiliki program khsus kepada masyarakat bahwa Memiliki Sim Itu sangat mudah,” bebernya.

Program itu antara lain satlantas siap melakukan Sosialisasi ke pada masyarakat di desa desa di kabupaten mesuji tentang cara dan aturan pembuatan Sim, seperti yang telah kita lakukan di Desa Hadi Mulyo, Desa margo Makmur dan Kawasan Reg 45.

“Kami Satlantas Polres Mesuji siap sosialiasikn Tata Cara Dan Aturan Pembuatan Sim kepada masyarakat jika masyarakat masih binggung dalam pembuatan sim,” tukasnya. (Sandri)

Header Banner Advertisement
Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *