Penyakit Hipertensi Tempati Urutan Tertinggi di Metro

Harianpilar.com, Metro – Hipertensi menempati urutan teratas dari 10 penyakit tertinggi di Kota Metro. Hal tersebut terungkap dari data Dinkes setempat. Jumlah warga yang menderita Hipertensi mencapai 15.256 orang.

Sedangkan diurutan kedua teringginya adalah penyakit maag (lambung) dengan jumlah mencapai 9.636 orang. Menempati urutan ketiga tertinggi penyakit radang tenggorokan dengan jumlah mencapai 8575 orang.

“Data ini di dapat dari  laporan 12 puskesmas se-Kota Metro yang dihimpun Dinas Kesehatan,”ujar  Kasubag Perencanaan dan Infokes Dinkes Kota Metro Erlianti di ruang kerjanya, Senin (07/01/2019).

Dikatakannya, penyebab Hipertensi Primer adalah disebabkan gaya hidup, pola makan dan ada juga yang disebabkan lantaran faktor keturunan. Namun untuk faktor keturunan tersebut relatif kecil sekali.

Dikatakannya beberapa kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat juga ikut dapat berkontribusi menjadi penyebab hipertensi primer.

“Memang banyak yang menjadi faktor penyebab Hipertensi, namun diantaranya pengaturan gaya hidup, dan pola makan sehat menjadi kecenderungan dari timbulnya penyakit tersebut,” tuturnya.

Hipertensi nama lain dari tekanan darah tinggi. Tekanan darah itu sendiri adalah kekuatan aliran darah dari jantung yang mendorong dinding pembuluh darah (arteri). Kekuatan tekanan darah ini bisa berubah dari waktu ke waktu, dipengaruhi oleh aktivitas apa yang sedang dilakukan jantung (misalnya sedang berolahraga atau dalam keadaan normal/istirahat) dan daya tahan pembuluh darahnya.

Hipertensi adalah kondisi dimana tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 milimeter merkuri (mmHG). Angka 140 mmHG merujuk pada bacaan sistolik, ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Sementara itu, angka 90 mmHG mengacu pada bacaan diastolik, ketika jantung dalam keadaan rileks sembari mengisi ulang bilik-biliknya dengan darah.

Sementara untuk penyakit Maag atau ganguan pada lambung biasanya disebabkan oleh faktor gaya hidup tidak sehat. Seperti, merokok, terlalu banyak mengkonsumsi kapein, alkohol dan minuman bersoda. Lalu, terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas, berlemak atau berminyak, serta bisa juga karena stress.

Ciri-ciri penyakit maag penting untuk diketahui. Ini adalah untuk meminimalkan terjadinya komplikasi atau hal-hal yang mungkin membahayakan kesehatan.

Nyeri ulu hati, mual dan muntah setelah makan, erat dikaitkan dengan penyakit maag, atau yang secara medis dikenal sebagai sindrom dispepsia. Namun, gejala atau ciri-ciri penyakit maag tidak hanya itu saja. Masih ada beberapa gejala atau ciri-ciri penyakit maag lainnya yang perlu diketahui agar penyakit maag yang Anda alami dapat dikenali dan segera diatasi.

Sedangkan radang tenggorokan bisa disebabkan karena kuman, bakteri, bahkan bisa virus. (Zuli)

Header Banner Advertisement
Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *