Hari Ini, Bawaslu Panggil Herman HN

Harianpilar.com, Bandarlampung – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandarlampung akan memanggil Walikota Herman HN pada hari ini, Kamis (05/12/2018).

Pemanggilan orang nomor satu di Kota Tapis Berseri ini untuk mengklarifikasi dugaan Lurah Enggal , Sutiman memobilisasi massa untuk ikut jalan sehat bersama petahana capres  Joko Widodo (Jokowi) di Bumi Ruwa Jurai beberapa waktu lalu.

“Kita memanggil Walikota Bandarlampung untuk minta klarifikasinya atas adanya laporan itu,” kata Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung, Candrawansah, Rabu (05/12/2018).

Ia mengaku bahwa pihaknya telah mengirimkan surat pemanggilan itu sejak Senin (03/12/2018) lalu. “Tadi kita periksa dari pihak pelapor namanya Fitra,” ungkapnya.

Dilain sisi, ia menjelaskan bahwa, Hari ini, Rabu (04/12/2018) pihaknya menjadwalkan pemanggilan Sekretaris Kota Bandarlampung Badri Tamam dan Kadis pendidikan Daniel Marshudi pada pukul 14.00 WIB.

Sementara itu, Yahnu Wiguno Sanyoto Anggota Bawaslu Divisi pencegahan menjelaskan bahwa pemanggilan itu bertujuan untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya terkait dengan intruksi dalam laporan yang mereka terima.

“Kita ingin mengetahui, terkait perintah pengerahan massa  melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam  kampanye capres nomor urut 1 pada kegiatan jalan sehat di Tugu Adipura waktu itu,” katanya sebagaimana dilansir fajar sumatera.com.

Surat perintah penggerahan massa yang ditandatangani Sutiman itu sempat viral di media sosial. Dalam surat tertanggal 22 November, Sutiman memerintahkan kepala lingkungan, kader Posyandu, PKH, kader PKK, marbot, guru ngaji, Dasa Wisma, dan kader sub PPKBD se-Enggal.

Mereka diminta menghadiri jalan sehat bersama Presiden Jokowi pada Sabtu (24/11/2018) dengan  membawa  25 orang mengenakan baju warna merah.

Sedangkan perintah penggerahan massa lain yang juga beredar diduga datang dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandarlampung Daniel Marshudi.

Daniel memerintahkan tenaga honor negeri dan swasta di Bandarlampung hadir di bundaran gajah dalam rangka jalan sehat bersama Presiden Jokowi.

Dalam pesan tersebut juga tertulis, Kadisdik meminta guru honor menggenakan pakaian warna merah tanpa logo atau nama apapun.

Namun sayang, Sutiman dan Daniel hingga berita diturunkan belum berhasil dikonfirmasi. (Mar/Lis)

Header Banner Advertisement
Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *