KPU Kabulkan Permohonan Calon Anggota DPD RI

Komisioner KPU Provinsi Lampung, M. Tio Aliansyah tengah mengecek kelengkapan berkas calon anggota DPD RI Tatang Sumantri usai mediasi antara KPU dan Tatang yang difasilitasi Bawaslu Lampung di Kantor Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu), Selasa (09/10/2018).

Harianpilar.com, Bandarlampung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung mengabulkan permohonan calon anggota DPD RI Tatang Sumantri.

Penyelenggara pemilu ini memberikan kesempatan kepada Tatang Sumantri untuk menyerahkan laporan awal dana kampanye (LADK), Rabu (10/10/2018). Seperti diketahui, Tatang terancam dicoret dari DCT DPD RI lantaran telat menyerahkan LADK pada waktu yang telah ditentukan oleh KPU.

Komisioner KPU Lampung Divisi Hukum M Tio Aliansyah menyampaikan, dasar KPU mengabulkan permohonan Tatang adalah merujuk pada Undang-undang nomor 7 tahun 2017 pasal 334 ayat 3 menyebutkan bahwa calon anggota DPD RI wajib menyerahkan LADK selambat-lambatnya 14 hari sebelum kampanye rapat umum dimulai.

Dari hasil mediasi,lanjut Tio, Tatang diberikan kesempatan untuk melengkapi berkas LADK hingga Rabu (10/10/2018) besok, pukul 16.00 WIB.

“Jadi syaratnya semua cakupan LADK harus sudah terpenuhi. Baik Rekening khusus dana kampanye (RADK), laporan penerimaan dana kampanye, NPWP dan semua jenis formulir mulai dari LADK satu sampai enam,” terang Tio usai mediasi antara KPU dan Tatang yang difasilitasi Bawaslu Lampung di Kantor Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu), Selasa (09/10/2018).

Mantan Ketua KPU Kabupaten Lampung Utara (Lampura) ini berharap Tatang tertib saat waktu penyerahan laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK) serta laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK).

“Tadi sudah kita periksa dan semua berkasnya lengkap. Kita juga berharap agar pemohon ini bisa taat dan tertib dalam melaporkan dua jenis dana kampanye lagi,” harapnya.

Setelah itu, lebih lanjut, KPU akan melaporkan hasil mediasi ini ke KPU RI.

“Tadi pagi saya juga sudah ditelpon biro hukum KPU RI yang menanyakan hasil dari mediasi ini. Makanya berita acara nanti kita kirim ke KPU RI,” tuturnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Provinsi Lampung Hermansyah menyampaikan, mediasi telah selesai karena kedua belah pihak antara KPU dan Tatang sudah sepakat satu sama lain.

“Tadi sudah sepakat, pemohon diminta untuk melengkapi berkas. Sudah kita cek juga, dan semuanya lengkap,” singkat Herman.

Sebelumnya, Mediasi antara calon anggota DPD RI Tatang Sumantri dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung dengan permohonan penerimaan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) yang terlambat menggantung.

Anggota Bawaslu Lampung Hermansyah mengatakan hasil mediasi belum dapat diselesaikan saat ini, sebab masih ada yang perlu dilengkapi dari pihak pemohon (tatang).

“Karena sesuai PKPU masih bisa dilanjutkan soal sengketa ini selama dua kali. Karena tidak mendapatkan hasil hari ini makanya dilanjutkan besok (Selasa, 09/10/2018), karena dua belah pihak belum mendapatkan kesepakatan,” jelasnya. (Ramona).

Header Banner Advertisement
Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *