oleh

Harga Pinang Kering Tembus Rp30 Ribu Per Kilogram

Harianpilar.com, Tanggamus – Buah pinang muda kering yang diiris tipis seperti koin yang dikeringkan dibawah sinar matahari. Harganya menjanjikan mencapai Rp30,000 per Kg di Kabupaten Tanggamus untuk bulan ini.

Buah pinang sebagai bahan baku pembuatan kosmetik dan obat, bahan batik hingga di kosumsi sebagai obat ini, kini banyak dicari oleh pengepul.

Menurut  Uno, salah seorang  pengepul pinang Uno warga Waytaman Kelurahan Pasar Madang Kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus mengatakan, daging buah pinang muda yang di iris seperti koin mulai di gandrungi oleh petani pinang.

“Bukan hanya harga yang menjanjikan, tapi pengolahan buah pinang muda yang di iris seperti koin itu sangat terbilang mudah tidak seperti buah pinang tua yang berbentuk bulat dan belah yang agak sedikit lama cara prosesnya nya, “ujar Uno saat di komfirmasi hariansumatera.Com di tempat kerjanya, Senin (30/07/2018).

Uno menjelaskan, proses pemanenan buah pinang terbilang mudah, karena pohon pinang yang tumbuh di pinggir-pinggir kebun sebagian hanya setinggi lima meter dan bisa dipetik menggunakan galah dengan pengait atau sabit. Pohon pinang yang merupakan sejenis kelapa tersebut berbuah sepanjang tahun, dan bisa dipanen dalam kondisi muda setiap pekan. Sementara buah pinang bulat atau yang belah, di panen nya dalam kondisi matang/tua.

Sementara untuk menjadi buah pinang koin/iris, tidak perlu menunggu tua yang memakan waktu lama untuk siap panen.

Tak hanya itu lanjutnya, untuk proses penjemuran sendiri tidak memakan waktu lama sampai beberapa hari. Karena daging buah pinang muda yang di iris, lebih cepat kering ketimbang daging buah pinang tua yang bulat atau yang terbelah. Dan untuk penjemuran hanya di butuhkan terpal sebagai alas.

Untuk harga tambahnya, tidak kalah menarik, buah pinang muda ini mencapai Rp 30,000 per Kg, itu yang super yang di kata gorikan buah yang besar, dan untuk yang kecil harganya tidak berbanding jauh dari yang super hanya Rp 25,000 sampai 20,0000 per 1 Kg. Dan itupun masih bisa naik mencapai Rp 40,000 bahkan lebih.

“Sementara untuk harga Pinang tua atau pinang berbentuk bulat dan belah harganya hanya mencapai kisaran Rp 6,000 per Kg kami menerimanya untuk bulan ini dan untuk petani yang akan menjual buah pinang muda/iris bisa menghubungi 082282447899 siap jemput barang,” terangnya. (Asis)

Komentar