oleh

Pj Bupati Minta Dana Desa Digunakan Secara Efektif

Harianpilar.com, Tanggamus – Pj. Bupati Tanggamus Zainal Abidin meminta kepada 299 Kepala Pekon (kakon) Dana Desa (DD) dapat digunakan secara efektif untuk kesejahteraan masyarakat.

“Saya minta kepada Kakon bahwa Dana Desa ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, terutama untuk perbaikan layanan publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Pj. Bupati Tanggamus saat menghadiri dan menyaksikan pengambilan sumpah 20 pengurus baru DPK Apdesi se-Kabupeten Tanggamus, Jum’at (13/07/2018).

Zainal Abidin mengatakan, terkait pembangunan yang ada di desa, tidak semua harus pemerintah kabupaten yang mengerjakannya. Sebab anggaran dan kewenangan Pemerintah Kabupaten sudah sebagian dikirimkan dan diserahkan ke Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa melalui, Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD).

Dia berpesan kepada seluruh kepala pekon untuk menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, khususnya yang berkaitan dengan pertanggung jawaban dana desa (DD).

Hal ini bertujuan agar supaya pembangunan di pekon dapat berjalan dengan baik tanpa ada halangan dan hal-hal yang tidak diinginkan.
Lebih lanjut dia mengapresiasi atas pelantikan 20 DPK Apdesi se Kabupaten Tanggamus. ”Selamat atas pelantikannya dan semakin amanah dalam melaksanakan tugas,” katanya.

”Tolong Kepala Pekon agar dapat memperhatikan penarikan PBB yang baru 9 % agar lebih di intensifkan lagi, tolong juga  adminiatrasi Pekon dan pengelolaan dana desa menjadi perhatian agar dikelola dengan baik, perlu disiapkan Tim Inovasi Desa oleh masing masing ka. Pekon,” ujar Zainal Abidin.

Pelantiakan DPK kecamatan se-Kabupaten Tanggamus dilantik oleh Ketua DPC Apdesi Kabupaten Tanggamus Munziri Ka. Pekon Kandang Besi, Kecamatan Kotaagung Barat.
Turut hadir menyaksikan Pelantikan DPK kecamatan adalah Pj. Bupati Tanggamus Zainal Abidin, Kasdim 0424 Mayor Inf Erwin Suhada, Kapolres Tanggamus diwakili Ipda Okta Kanit Tipikor Polres, Ketua Apdesi Provinsi Lampung Suhardi Buyung, 299 ka.pekon se-Kabupaten Tanggamus dan 3 kelurahan, Uspika Kecamatan tamu undangan, kalangan insan pers, LSM kabupaten Tanggamus.
Dalam sambutannya Ketua DPC Apdesi Munzairi mengucapkan selamat kepada DPK Apdesi yang baru dilantik periode 2013-2019, dan berharap kepada DPK APDESI 20 kecamatan yang baru saja dilantik untuk bahu-membahu memikirkan dan membesarkan organisasi APDESI sebagai wadah pemersatu pemerintahan yang ada di pekon, disamping memperjuangkan kepentingan masyarakat yang harus diprioritaskan.

“Kita ketahui bersama, Apdesi adalah wadah konsolidasi dan pemersatu para perangkat pekon marilah kita bersama-sama dalam membentuk pemerintahan pekon yang berkarakter baik, karena pekon yang berlandasan pemerintahan yang baik maka masyarakat pekon akan sejahtera,” katannya Munzairi.

Hal yang senada yang dikatakan ketua DPD Apdesi Provinsi Lampung Suhardi Buyung dalam sambutan menyampaikan mengucapkan selamat kepada DPK se Kabupaten Tanggumus yang baru dilantik, selamat menjalankan tugas dan kita merupakan perpanjangan tangan tugas tugas pemerintah agar dapat melaksanakan sebaik baiknya,” ujar Suhardi Buyung. (Asis)