Diskominfo Tanggamus Gelar Sarasehan Diseminasi Informasi

Plt. Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari melakukan sidak beberapa harga bahan kebutuhan pokok di beberapa pasar yang ada di Kabupaten Lampung Timur.

Harianpilar.com Tanggamus – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tanggamus, menggelar sarasehan diseminasi informasi “Internet Sehat” di SMPN 1 Kotaagung, Senin (14/5/2018).

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kominfo Sabarudin melalui Kabid Humas Derius Putrawan mengatakan, kegiatan diseminasi (penyebaran) informasi ini dilakukan sebagai salah satu upaya dalam memberikan pencerahan kepada masyarakat, khususnya anak sekolah terkait aspek positif dan negatif dari internet.

“Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini teknologi informasi khususnya internet sudah semakin maju. Ketika anak anak tidak dibekali dengan pengetahuan dan pemahaman yang cukup, dikhawatirkan mereka akan melakukan perbuatan-perbuatan yang melanggar norma dan ketentuan hukum yang ada di masyarakat,” kata Derius.

“Nah, melalui sarasehan ini diharapkan bisa memberi pencerahan dan penyegaran tentang manfaat dan dampak internet serta bisa memahami Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dalam berintraksi dengan internet, ” terangnya.

Ia menambahkan, kegiatan diseminasi informasi ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Diskominfo Tanggamus. Yang mana, setiap tahun diagendakan dua sekolah yang menjadi sasaran diseminasi informasi.

“Untuk tahun ini ada dua sekolah yakni di Kecamatan Kotaagung dan Pugung yang menjadi target sarasehan kita. Untuk di Kecamatan Kotaagung sudah dilaksanakan di SMPN 1, sedangkan untuk di Kecamatan Pugung kita belum tahu akan dilaksanakan disekolah mana, karena yang menentukan adalah Satuan Pelaksana Layanan Pendidikan (SPLP), ” ujar Derius.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Kotaagung Eka Suryadi Bakti menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama Dinas Kominfo yang mengarahkan kegiatan Sarasehan ini di SMPN 1 Kotaagung.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan tersebut dapat dirasakan langsung manfaatnya bagi siswa-siswi disekolahnya. Mengingat saat ini mayoritas siswa-siswi disekolahnya masih beranjak dewasa dan belum memahami betul dampak positif dan negatif terhadap penggunaan internet.

“Dengan adanya kegiatan ini, baik guru maupun siswa-siswi bisa lebih memahami dan mengerti apa saja dampak penggunaan internet. Kedepan kami berharap kegiatan seperti ini bisa digelar secara menyeluruh ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Tanggamus, ” ungkapnya.

Senada dikatakan Koordinator SPLP Kotaagung Agung Basori. Ia berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan sasaran yang lebih banyak lagi. Agar semakin banyak anak-anak yang mengetahui dan memahami dalam berinteraksi dengan internet, tentang manfaat dan bahayanya berinternet.

“Ya, harapan saya supaya kedepannya kegiatan diseminasi informasi ini bisa dilaksanakan ke seluruh sekolah-sekolah, supaya anak-anak remaja bisa lebih memahami tentang dampak positif dan negatif dari penggunaan Internet”,.

Turut hadir Kepala Dinas Kominfo Drs. Sabaruddin, Kepala Sekolah SMP 1 Kotaagung Eka Suryandi Bhakti, S. Pd, KUPT Dinas Pendidikan mewakaili Disdik Tanggamus Agung Basori, S. Pd, Narasumber Nurjoko,S. Kom, M.Ti dari IBI Darmajaya Bandar Lampung, Moderator Derius Putrawan ,SP. MM. Kabid Humas  Diskominfo Tanggamus,peserta Siswa/i dari SMP 1 kotaagung, Smp Muhammadiyah, Al- Qolam, Smp PGRI,  Kotim, Kobar ,dan Smp IT Teladan, serta para dewan Guru.  (Asis/Mar)

 

Header Banner Advertisement
Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *