Pelaksanaan Dana Desa di Tubaba Diduga Bermasalah

Ilustrasi

Harianpilar.com, Tulangbawang Barat – Pembangunan Fisik Dana Desa (DD) tahun 2017 dibeberapa Tiyuh Kecamatan Tulangbawang Tengah (TbT) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) diduga bermasalah.

Baru saja bangunan  fisik  selesai dikerjakan, kini mulai menunjukkan  adanya kerusakan.

Di Tiyuh Bandar Dewa ditemukan papan nama proyek dan kondisi bangunan tangga raja dengan pagu anggaran Rp 14,423,000, kini kondisinya sangat memprihatinkan.

Kemudian bangunan drainase dengan anggaran Rp16,541,000. Bangunannya kini mulai retak beberapa titik, terutama pada dinding, serta lantainya mulai berlubang.

Di Tiyuh Menggala Mas, ditemukan 2 plang proyek. Kondisi fisik pembangunan gorong-gorong yang menelan dana Rp6,998,000, kini sudah menunjukkan kerusakan.

Kemudia pemasangan paving blok dengan anggaran Rp111,668.100, di beberapa titik sudah menunjukkan adanya kerusakan.

Di Tiyuh Mulya Jaya kini hasil pembangunan siring juga sudah retak di beberapa titik bagian atas.

Kemudian pembangunan jalan onderlagh dengan pagu anggaran Rp 379.163.000. Beberpa bagian bantu mulai mengelupas dan bergelombang. Saat musim hujan turun lubang tersebut digenangi air.

Sekretaris Tiyuh Bandar Dewa  Anwar, di rumahnya, Rabu (4/4/2018) menjelaskan kerusakan tersebut karena adanya faktor alam.  “Hingga kini pembanguan tersebut masih dalam perawatan, karena pekerjaan tersebut pekerjaan akhir tahun dan inspektorat belum melakukan pemeriksaan. Adanya kerusakan akan kita benahi, sedangkan pekerjaan akhir tahun akan diperiksa inspektorat  pada awal tahun berikutnya,” kata Anwar.

Mengenai retaknya pembangunan siring, kata dia, akibat faktor alam, berhubung sekarang cuaca sering hujan,” kilahnya.

Terkait bergelombangnya jalan onderlagh di Tiyuh Mulya Jaya  Sekretaris Tiyuh setempat Taryono mengaku dalam pelaksanannya sudah sesuai dengan ketentuan.

Terkait pembangunan gorong-gorong Tiyuh Menggala Mas serta paving blok, sekretaris Tiyuh Menggala Mas, Sulminadi ditemui di kediamannya, Minggu (15/04/2018) tidak bisa berkomentar. Dia mengaku hanya membuat rencana anggaran belanja (RAB). untuk kegiatan pembangunan tersebut dikerjakan tim pelaksana kegiatan dan kegiatan tersebut juga didampingi  Kepalo Tiyuh. (Epri/Medi)

Header Banner Advertisement
Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *