Jelang Pileg, KPU Pesawaran Rubah Dapil

Harianpilar.com, Pesawaran – Menyambut pemilu legislatif (Pileg) ditahun 2019 mendatang, Kabupaten  Pesawaran, terjadi perubahan dalam penetapan daerah pemilihan (Dapil). Dimana menurut Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pesawaran, melalui salah satu Komisionernya, Edi Susanto, menyampaikan, pada pemilu tahun 2014 lalu, untuk Dapil III terdiri dari Kecamatan Waylima dan Kecamatan Kedondong serta Kecamatan Waykhilau, dipemilihan legislatif 2019 mendatang berganti menjadi Dapil 5.

Begitupun dengan Dapil Kecamatan Teluk Pandan, dan Padang Cermin serta Way Ratay, yang tadinya Dapil 4, nantinya dipileg 2019 berubah menjadi Dapil 3. Sementara, untuk Kecamatan Marga Punduh dan Punduh Pedada, yang tadinya Dapil 5, pada pileg 2019 berubah menjadi Dapil 4.

“Untuk Dapil I yakni Kecamatan Gedongtataan dan Dapil 2, yakni Kecamatan Negerikaton dan Kecamatan Tegineneng tidak mengalami  perubahan,” urai Edi Susanto.

Sementara saat disoal, dengan adanya perubahan Dapil ini akankah berdampak pula pada perubahan kursi anggota DPRD nantinya ?. Dijelaskan Edi, perubahan kursi DPRD pada pileg 2019 mendatang, tidak mengalami perubahan signifikan. Hanya saja katanya, perolehan kursi DPRD pada Dapil II berubah, yang tadinya 12 kursi menurun menjadi 11 kursi. Begitu juga dengan

Dapil 5 (Way Lima, Kedondong dan Way Khilau) terjadi perubahan penambahan kursi dari 11 kursi, kuotanya bertambah jadi 12 kursi.

“Hanya dua Dapil itu saja yang mengalamj perubahan untuk kuota kursi anggota DPRD, sedangkan untuk perolehan kursi Dapil lainnya masih sama,” paparnya.

Terkait perubahan Dapil ini, Edi mengaku ‎didasarkan pada ketetapan yang dikeluarkan KPU RI pada tanggal 4 April lalu. Untuk menyikapi adanya ketetapan dan perubahan tersebut, Edi mengklaim, telah dilakukan sosialiaikan pada pengurus partai politik maupun pada steak holder terkait yang ada di kabupaten pesawaran, baik itu melalui Media Sosial maupun surat resmi.

“Kita juga saat ini, masih menunggu instruksi lebih lanjut dari KPU Provinsi,” terang  Edi Susanto. (Fahmi/Mar)

Header Banner Advertisement
Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *