DPC PDIP Tanggamus Buka Pendaftaran Bacaleg

Harianpilar.com, Tanggamus – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Tanggamus membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) baik untuk tingkat DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi dan DPR RI.

Ketua Panitia Penjaringan Bacaleg Achmad Helmi mengatakan, pembukaan pendaftaran dimulai dari 9 April hingga 31 Mei 2019 di Sekretariat DPC PDIP Tanggamus, Pekon Kampung Baru Kecamatan Kotaagung Timur.

“Sebelum resmi dibuka, jajaran pengurus DPC PDIP Tanggamus lebih dahulu melakukan pleno untuk memutuskan struktur panitia penjaringan, yang mana hasil pleno memutuskan saya sebagai ketua dan Hasmal Yadi sebagai sekretaris penjaringan, “kata Achmad Helmi yang ditemui di Sekretariat DPC PDIP Tanggamus, Selasa (10/4/2018).

Achmad Helmi yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Pariwisata dan Kemaritiman  DPC PDIP Tanggamus ini menambahkan bahwa pendaftaran bacaleg ini terbuka bagi masyarakat umum, sehingga non kader pun bisa ikut mendaftar.

“Jadi pendaftaran bacaleg ini tidak hanya bagi kader murni saja, melainkan simpatisan dan masyarakat umum juga boleh sepanjang memenuhi persyaratan, “ujarnya.

Adapun persyaratan untuk mendaftar sebagai bacaleg dari partai berlambang banteng moncong putih ini, terus Helmi yakni WNI, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehat jasmani rohani, usia minimal 21 tahun.

“Dan syarat mutlak untuk bisa menjadi bacaleg dari PDIP yakni pernah pernah mengikuti Diklat Pratama untuk DPRD Kabupaten, Diklat Madya untuk DPRD Provinsi dan Diklat Utama untuk DPR RI.  Kami juga membuka kesempatan bagi kader partai lain asal dibuktikan dengan surat pernyataan mundur dari partai sebelumnya, “terang Helmi.

Masih kata Helmi bahwa PDIP tidak membatasi bagi kadernya untuk mengikuti jenjang pemilihan legislatif.” Jadi tidak ada istilah dua periode atau tiga periode harus naik level dari DPRD Kabupaten ke DPRD Provinsi, kami sifatnya hanya menyarankan kepada kader tapi itu kembali lagi ke pribadi masing-masing,” tandas Helmi seraya mengatakan pendaftaran bacaleg tidak dipungut biaya alias gratis.

Sementara itu, Sekretaris Penjaringan, Hasmal Yadi menambahkan sejak resmi dibuka sudah ada lima pendaftar pertama diantaranya Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, S. Sos, Anggota DPRD Tanggamus Basuki Wibowo dan Ikhwani serta Hasmal Yadi dan Achmad Helmi.

“Target kami pendaftaran bacaleg ini mencapai 45 plus 25 persen, yang jelas bacaleg dari PDIP ini harus memiliki komitmen untuk memajukan daerahnya, “pungkas Hasmal. (Asis)

Header Banner Advertisement
Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *