Cuti Lebaran Bertambah, THR PNS Naik

Harianpilar.com, Jakarta – Pemerintah telah menepatkan cuti bersama idulfitri adalah dua hari sebelum dan dua hari sesudah hari raya umat muslim itu, dan jumlah libur itu kemungkinan besar akan bertambah dua hari. Pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas atau masuk kerja saat cuti bersama bakal mendapat tambahan cuti tahunan sebagai pengganti. Selain itu, PNS juga akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) yang jumlahnya akan bertambah dari tahun sebelumnya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur mengatakan ada tiga kementerian yang memutuskan usulan tersebut. Tiga kementerian itu ialah, Kementerian PAN-RB, Kementerian Ketenagakerjaan, dan Kementerian Agama.

“Itu belum diputuskan, karena itu membutuhkan keputusan bersama tiga menteri, (Menaker) Menteri Ketenagakerjaan, Menag (Menteri Agama), dan Menpan (Menteri PAN-RB),” kata Asman sepertidilansir detik.com, Senin (9/4/2018).

Asman mengatakan bahwa pemerintah masih mempertimbangkan usulan tersebut. Walau demikian, Asman mengatakan bahwa pemerintah sudah memutuskan sementara jadwal libur lebaran 2018. “Kemarin rapat kabinet sudah ada keputusan sementara ya. Jadi Lebaran itu kan tanggal 15-16 (Juni), jadi cuti bersama itu dua hari sebelum dan dua hari sesudah,” katanya.

Bila melihat hasil keputusan sementara tersebut, maka libur lebaran akan jatuh pada hari Rabu hingga Minggu. Kemudian, usulan tambahan libur lebaran bakal jatuh di hari Senin dan Selasa. “Nah karena Senin dan Selasa dianggap hari yang mungkin akan bisa mengurai kemacetan ya, karena akan menumpuk saat tanggal tertentu orang pulang ke daerahnya kan macet,” tuturnya.

Sementara, Pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas atau masuk kerja saat cuti bersama tak usah takut kehilangan hak cutinya, sebab cuti tersebut bakal ditambahkan ke dalam cuti tahunan PNS. Hal itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 yang dilaksanakan lebih lanjut dengan Peraturan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor: 24 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pemberian Cuti PNS, salah satunya mengatur ketentuan cuti bersama ditetapkan lewat Keputusan Presiden.

Dua regulasi tersebut mengakomodir ketentuan PNS yang tidak bisa menerima hak cuti bersama karena tuntutan jabatan, hak cuti tahunannya ditambah sesuai dengan jumlah cuti bersama yang tidak diberikan. Sebagai catatan, bahwa ketentuan penambahan hak cuti tahunan bagi PNS yang tidak diberikan cuti bersama hanya dapat digunakan pada tahun berjalan atau pada tahun yang sama. (Dtc)

Untuk Tunjangan Hari Raya (THR) di 2018 ini naik, bukan hanya PNS tahun ini THR juga akan diberikan kepada para pensiunan. Menurut Asman Abnur, besaran THR untuk PNS aktif di tahun ini bakal lebih tinggi dibanding sebelumnya. Sebab, komponen tunjangan kinerja (tukin) juga bakal dimasukan dalam THR untuk PNS aktif tahun ini.

“Kita berikan THR ditambah lagi, dulu kan hanya gaji pokok, sekarang termasuk tukinnya, jadi tukin ditambah gaji pokok,” kata Asman.

Asman menjelaskan bahwa pencairan THR tersebut dilakukan sebelum lebaran atau hari raya Idul Fitri 2018 yang jatuh pada 15-16 Juni 2018. Waktu pencairan THR ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya. “Biasa kalau tahun lalu THR kan sebelum lebaran, kalau gaji ke-13 itu biasanya bulan Juni. Tepatnya saya nggak hafal,” pungkasnya.(Maryadi)

Header Banner Advertisement
Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *