Klaim Hasil Survey Unila Idham Samawi Diduga Bohong

ilustrasi

Harianpilar.com, Bandarlampung – Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan Bidang Ideologi Idham Samawi mengklaim terdapat hasil survey Universitas Lampung (Unila) terhadap calon Gubernur Lampung. Namun pihak Unila membantah klaim Idham Samawi itu.

“Sebetulnya, survei yang menyatakan bahwa Herman HN-Sutono nomor satu juga ada. Tapi, saya sengaja sampaikan dalam rakor tadi yang jeleknya, yang hasil survei bahwa pasangan ini nomor dua. Maksudnya, supaya menjadi motivasi bagi para pengurus dan kader,” kata Idham usai memimpin rakor di Kantor DPC PDIP Kota Bandarlamping, seperti dilansir duajurai.co, Senin (2/4/2018).

Menurutnya, survei yang menyatakan Herman-Sutono unggul adalah Universitas Lampung (Unila). “Kalau tak salah, survei dari Unila. Justru hasil surveinya menyatakan, Herman-Sutono nomor satu. Kalau yang menyatakan nomor dua, saya lupa nama lembaganya,” ujar dia.

Namun pernyataan Idham Samawi itu langsung di bantah oleh Rektor Unila, Dekan Fisip Unila dan sejumlah akademisi Unila.

“Unila tidak terlibat dalam dugaan politik praktis,” kata Rektor Unila, Hasriadi Mat Akin, Kamis (5/4/2018).

Secara kelembagaan, Unila akan bersikap netral dan tidak berpihak ke salah satu pasangan calon gubernur – wakil gubernur di pilgub 2018.

“Secara lembaga, kita (Unila) netral,”tegasnya.

Wakil Rektor III Unila Bidang Perencanaan, Kerjasama, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Karomani tidak mengetahui terkait adanya kabar bahwa Unila melakukan survei dan telah mengumumkan hasilnya.

“Ga tahu saya jika Unila melakukan dan mengeluarkan hasil survei itu,”katanya.

Aom sapaan akrab Karomani menjelaskan bahwa sebagai lembaga pendidikan, maka tidak dibolehkan untuk melakukan hingga mengeluarkan hasil survei.

”Saya rasa Unila tidak pernah, kecuali ada orang yang mengatasnamakan Unila,” sindir professor jurusan Komunikasi Sosial Unila ini.

Hal senada di sampaikan Dekan Fakultas Ilmu Sosial Politik (FISIP) Unila, Syarief Makhya yang menyatakan Unila tidak pernah mengadakan survei. “Setahu saya tidak ada survey,” kata dia, Kamis (5/4/2018).

Begitu juga Akademisi FISIP Unila Dedi Hermawan yang menegaskan bahwa tidak ada survei dari Unila. “Unila tidak pernah ada survei pilgub, ” kata Dedi.

Akademisi Fakultas Hukum Unila, Yusdianto juga mengatakan hal yang sama. “Saya belum pernah dengar. Atau saya yang tak gaul, ” selorohnya.

Sementara, Ketua DPP PDI Perjuangan, Idham Samawi, ketika di konfirmasi ulang terkait pernyataannya itu tidak menjawan, meski pesan yang dikirim ke WhatsApp miliknya dibaca.(*)

Header Banner Advertisement
Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *