Empat Pelajar SMP M Metro Belajar ke Jepang

Harianpilar.com, Metro – Empat pelajar SMP Muhammadiyah Ahad Dahlan Kota Metro yang mengikuti program beasiswa ke Jepang wakili Indonesia beraudensi dengan Walikota Metro. Mereka adalah; Muhammad Ahnaf Defka Rizqia dari kelas 7 Ar-Rahman,  Ilham Surya Pratama kelas 7 Ar-Rahman,  Indah Sawitri kelas 8 Al-Alim,  Afanin Yuli Safitri kelas 8 Ar-Rasyid.

Dengan didampingi Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Dinas Pendidikan Kota Metro Drs. Mardani Usman, ke empat pelajar dan 1 guru pendamping serta Kepala SMP Mu Ahmad Dahlan, Ali Musyafa menghadap Walikota Metro Achmad Pairin.

Ali Musyafa mengungkapkan, agenda tersebut dalam rangka pemberian ucapan selamat sekaligus pelepasan dari Wali Kota Metro kepada keempat siswa-siswi dan seorang guru pendamping akan diberangkatkan ke Jepang pada 12-21 April 2018mendatang.

“Keberangkatan kelima orang tersebut tentunya menjadi kebanggaan besar masyarakat Lampung, khususnya segenap keluarga besar SMP Mu Ahmad Dahlan Metro, karena didaulat sebagai wakil Indonesia yang akan mewakili Indonesia guna mengikuti serangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Yayasan Hakuho  melalui program “Hakuho Scheme for Global Children’s Japanese Language Network 9th Experience Program for Overseas Children” yang tahun ini menjadi tahun kesembilan sejak pertama kali program ini diselenggarakan,” ungkapnya.

Keempat siswa berprestasi tersebut akan belajar sekaligus sebagai duta Indonesia, akan memperkenalkan kebudayaan Indonesia bersama siswa lain dari 14 sekolah di luar negeri yang berasal dari  13 Negara, diantaranya United Kingdom, India, Indonesia, Australia, Sri Lanka, Thailand, Taiwan, Turkey, Hungary, Philippines, Vietnam, Malaysia, dan Russia.

Mereka akan saling membaur dan belajar bersama selama 2 minggu di  Jepang, salah satu tempatnya adalah Tokyo,” jelasnya.

Pada November seorang guru Bahasa Jepang sebagai pendamping keempat siswa-siswi telah diberangkatkan terlebih dahulu bersama 13 orang guru dari 13 negara.

“Terpilihnya SMP Mu Ahmad Dahlan yang dikirim ke Jepang tentunya melalui tahap penyeleksian oleh Japan Foundation yang berpusat di Gedung Summitmas I  Jl. Jenderal Sudirman Jakarta,” ungkapnya.

Sementara itu Walikota Metro Achmad Pairin mengucapkan selamat dan sukses kepada keempat siswa-siswi yang akan berangkat sebagai duta Indonesia di Jepang. Dalam menjalankan misi pendidikan dan budaya.

“Saya minta agar empat siswa tersebut dapat menjaga nama baik Kota Metro dan dapat membawa nilai-nilai baik dari Jepang, serta mengharumkan nama Indonesia dikancah Internasional, Negeri Sakura,” pungkasnya. Ginda/Ayu F/Zuly)

Header Banner Advertisement
Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *