DPUPR Segera Bangun Tujuh Titik Irigasi

Harianpilar.com, Mesuji – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Mesuji memastikan akan segera merealisasikan beberapa program pembangunan. Salah satunya program yang diminta langsung oleh masyarakat kepada Presiden RI Joko Widodo saat melaksanakan kunjungan di Kabupaten Mesuji beberapa waktu lalu.

Plt. Kepala Dinas Pekerjaaan Umum dan Penataan Ruang Mesuji, Najmul Fikri, mengatakan untuk di bidang perairan sendiri kita rencanakan pembangunan iragasi. Bahkan telah di anggarkan ditahun 2018.

“Rencananya pembangunan irigasi di tahun 2018¬†yang bersumber dari APBD akan segera dilaksanakan dan tersebar di 7 titik di Kabupaten Mesuji dengan anggara sebesar Rp26.800.722.000 yang diperuntukkan untuk Pembangunan Daerah irigasi rawa,” papar Kiki.

Dikatakan Kiki sapaan akrabnya, Pembangunan irigasi tersebut direncanakan akan dilaksanakan di Desa Adi Mulyo Kecamatan Pancajaya dengan anggaran Rp4.500.000.00, disusul Desa Eka Mulya, Mesuji Timur Rp4.500.0000.000 Mekar Jaya, Tanjung raya Rp2.500.000 Tanjung Sari, Tanjung raya R6.000.000.000.

“Irigasi Rawa tembangkang Kecamatan Way Serdang Rp 3.304.722.000 Umbul Sempu, Mesuji Timur Rp3.500.000.000 dan Wonosari, Mesuji Timur Rp2.500.000.000. Irigasi ini rencananya akan dilaksanakan ditahun 2018 ini,”paparnya.

Masih di tambahkan Kiki, program ini tentunya tidak lain untuk menindak lanjuti kunjungan presiden RI pada Minggu 21 Januari 2018 lalu. Hal itu, kita ajukan penangannya untuk mengatasi daerah persawahan di Kabupaten Mesuji di antaranya normal normalisasi Sungai Buaya dan sungai Mesuji.

“Pembangunan dan rehabilitasi Tanggul penangkis, normalisasi saluran primer sekunder dan tersier sampai penanganan, saluran beton pembangunan dan rehabilitasi pintu air penanganan abrasi di dua titik yakni Sidang Iso Mukti dan Sido Rahayu, Pembangunan air baku Talang Gunung produk perencanaan sudah ada, ditambah sarana excavator long ARM sebanyak 3 unit,” imbuhnya.

Harapan kita, lanjut Kiki, dengan di bangunya irigasi tersebut di harapkan agar petani dapat tertolong dan produksi panen beras di mesuji dapat meningkat sesuai dengan keinginan masyarakat.

“Kita berharap dengan adanya pembangunan saluran irigasi ini harapan kita hasil petani dapat lebih meningkat serta untuk menunu swasembada pangan dapat tercapai,” tukasnya. (Sandri/Mar)

Header Banner Advertisement
Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *