PT PAL Diduga Serobot Tanah Warga

Ilustrasi/Voila.id

Harianpilar.com, Mesuji – Pematang Agri Lestari (PAL) perusahaan kelapa sawit, dituduh serobot tanah Desa Mulya Agung, Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji seluas 4 Ha. Klaim oleh PT Pematang Agri Lestari, dalam hal ini masyarakat setempat pertanyakan keabsahan  tanah desa yang dikuasai PT PAL, Sesnin (11/11/2017).

“Tanah yang seluas 4 Ha, milik  desa dikuasai dan dimanfaatkan PT. PAL. Masyarakat merasa keberatan dan mempertanyakan hal keabsahan kepemilikan lahan PT PAL. Sebab masyarakat desa tidak pernah merasa menjual atau memberikan kepada PT. PAL. ”Hal ini dikatakan Kepala Desa Mulya Agun Sonny Imawan, kepada awak media di lokasi tanah desa yang digarap PT.PAL.

Masih menurut Sonny, dalam hal ini, PT.PAL diduga menyerobot tanah desa. Kami bersama masyarakat mempertanyakan kepada pihak perusahaan tentang tanah yang diklaim PT PAL  itu adalah tanah restan sejak desa bernama Desa Agung Batin menjadi Desa Mulya Agung.

“Pihak PT PAL tersebut tetap merasa memegang surat pelepasan hak atau ganti rugi lahan dari Desa Agung Batin yang saat ini telah mekar menjadi Desa Mulay Agung,” ujarnya.

Dikatakan Sonny, untuk kepastian jelas, bersama masyarakat akan menduduki lahan tanah desa dan memberi patok, bila pihak PT.PAL tidak menunjukan bukti surat yang dimaksud peralihan atau ganti rugi.

Terkait hal ini, Manager PT. PAL Nyoman mengungkapkan, pihaknya telah memegang surat ganti rugi lahan dan bersegel suratnya.

“Benar adanya, bahwa tanah seluas 4 Ha tersebut adalah tanah Ristan (R) Desa Agung Batin terdahulu. Namun, kami memiliki bukti ganti rugi lahan tersebut di keluarkan pada tahun 1993,” tukasnya. (Sandri/Mar)

Header Banner Advertisement
Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *