Truk Pengangkut Gajah Kecelakaan

Gajah latih dari TNWK luka-luka setelah mobil yang mengangkut gajah tersebut mengalami kecelakaan di Jalan Lintas Barat Pekon Sedayu Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus, Rabu (6/12/2017).

Harianpilar.com, Tanggamus – Satu dari dua truk yang membawa 4 ekor gajah latih pulang ke Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur mengalami kecelakaan. Kecelakaan tunggal itu terjadi ketika truk yang membawa dua ekor gajah bernama Bery dan Indra melintas di turunan leter S Jalan Lintas Barat Pekon Sedayu, Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus, pada hari Selasa (5/12/2017) sekira pukul 19.37 WIB. Sehingga mengakibatkan 2 ekor gajah tersebut harus dirawat karena mengalami luka ringan.

Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, melalui Kasat Lantas AKP Sopyan saat dikonfirmasi, membenarkan truk pengangkut dua ekor gajah latih TNWK mengalami out control di Leter S Jalinbar Sedayu.

“Laporan sementara yang kami terima, kedua gajah TNWK saat ini kembali ke Lapangan Semaka. Tidak bisa melanjutkan perjalanan ke TNWK Lampung Timur. Karena pihak terkait masih mencari truk pengganti. Hanya luka ringan, dua gajah itu juga sudah ditangani dokter dari TNWK yang tiba di Semaka Rabu dini hari tadi,” ujar Sopyan.

Truk jenis Fuso bisa sampai out control, ungkap kasat lantas, diduga lantaran topografi Leter S Jalinbar yang miring dan menurun curam, sementara beban angkutan truk yang sangat berat.

“Sehingga mungkin truk oleng saat menurun. Lalu truk out control dan akhirnya terguling. Untuk data dan identitas awak truk, masih belum saya terima sampai siang ini,” katanya.

Sementara itu, Kapolsek Semaka AKP Muji Harjono mendampingi Kapolres Tanggamus menjelaskan, truk pengangkut Berry dan Indra bernomor polisi BE 9293 AC. Kronologinya, Selasa pukul 19.35 WIB, truk Fuso melintasi Leter S Sedayu. Beruntung, meskipun terluka, Muji menegaskan, kedua gajah latih TNWK dalam kondisi baik-baik saja.

“Rabu dini hari tadi, sekitar pukul 04.00 WIB, dr. Dedi yang merupakan Dokter Hewan dari TNWK, sudah tiba di Lapangan Pekon Sedayu untuk memberikan perawatan medis pada Berry dan Indra. Setelah tadi malam truknya terguling, Berry dan Indra sampai sore ini diistirahatkan di Lapangan Pekon Sedayu pasca diobati, embari menunggu kendaraan pengganti,” beber Muji.

Informasi terakhir, masih kata Kapolsek Semaka, kedua gajah latih dari TNWK sudah dalam perjalanan pulang, dengan menggunakan kendaraan juga dengan jenis truk.

“Sekitar pukul 15.00 WIB, 2 gajah, Berli dan Indra sudah dalam perjalanan menuju TNWK, dengan menggunakan  mobil truk Fuso yang berbeda dan sopir yang sudah paham jalan,” pungkasnya. (Agus).

Header Banner Advertisement
Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *