‘Panen’ Penghargaan di Ujung Jabatan Mukhlis Basri

Harianpilar.com, Bandarlampung – Kepemimpinan Bupati Lampung Barat dua periode Mukhlis Basri akan berakhir pada 11 Desember 2017 mendatang. Sepuluh tahun di pimpin Mukhlis Basri, Lambar mengalami berbagai kemajuan dan terus menuai penghargaan dari berbagai pihak. Bahkan, beberapa hari menjelang berakhirnya masa jabatan Mukhlis Basri masih meraih penghargaan dari Komisi Informasi (KI).

Sederet penghargaan yang pernah di raih Pemda Lambar dibawah kepemimpinan Mukhlis Basri adalah Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah sebanyak tujuh kali berturut dari BPK RI, Peringkat I Provinsi Lampung dan Peringkat Ke-30 Besar Nasional atas Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Dari Kementerian Dalam Negeri, Peringkat I Provinsi Lampung Atas Laporan Kinerja Atau Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dari Kementerian PAN DAN RB, Adipura Untuk Ke Empat Kalinya, Penghargaan Perdesaan Sehat Tingkat Nasional Penghargaan Kabupaten Sehat Tingkat Nasional, Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional.

Kemudian, Penghargaan Presiden Terkait Swasembada Beras Yang Diterima Selama 3 Tahun Berturut, Best Practise Pelayanan Terpadu Kecamatan (Paten) dari Kementerian Dalam Negeri, Citra Pelayanan Prima Dari Kementerian PAN RB, Bakti Koperasi Dan UKM dari Kementerian Koperasi Dan UKM, Citra Produk Pertanian Berdaya Saing Dari Kementerian Pertanian, Pastika Parahita dari Kementerian Kesehatan RI, Penampil Terbaik Pada Festival Olahraga Tradisisional Dari Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Penyaji Unggulan Parade Tari Nusantara Dari Kementerian Pariwisata RI.

Bahkan, Mukhlis Basri juga meraih penghargaan sebagai Kepala Daerah Teladan dalam HUT Ke-5 Surat Kabar Harian Pilar 17 November lalu di Hotel Horison Bandarlampung. Dan terbaru Pemkab Lambar meraih penghargaan sebagai badan publik yang menerapkan prinsip keterbukaan informasi dari Komisi Informasi (KI) Provinsi Lampung yang di serahkan langsung oleh Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri.

Lambar meraih penganugrahan itu bersama Kabupaten Pesawaran, Tanggamus, Tulangbawang Barat, dan Waykanan.”Sudah menjadi kewajiban kita semua, khususnya bagi Pemerintah Daerah untuk turut melayani publik dalam keterbukaan informasi. Harapannya pemberian anugerah ini menjadikan para penerima anugerah untuk terus memberikan pelayanan informasi publik dengan baik, serta memacu badan publik baik pemerintah maupun non pemerintah untuk turut terbuka terkait informasi publik. Sehingga Provinsi Lampung terdepan dalam hal keterbukaan informasi publik,” kata Wakil Gubernur Lampung saat pemberian Anugerah Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik (anugerah KI) Tingkat Provinsi Lampung yang dilaksanakan di Hotel Sheraton, Bandarlampung, Rabu (6/12/2017).

Penganugerahan KI ini diberikan kepada 5 (lima) kategori badan publik yaitu OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, Instansi Vertikal, BUMN/BUMD dan Perguruan Tinggi.Secara berurutan, penganugerahan ini diberikan kepada badan publik, dari peringkat satu sampai lima. Untuk kategori OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, diberikan kepada Bappeda Provinsi Lampung, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Dinas ESDM Provinsi Lampung, Dinas BPSDM Provinsi Lampung dan Dinas Perhubungan Provinsi Lampung. Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota diberikan kepada kabupaten Lampung Barat, Pesawaran, Tanggamus, Tulang Bawang Barat, dan Way Kanan.

Selain itu, diberikan juga untuk kategori Instansi Vertikal, yakni kepada BPK-RI perwakilan Lampung, Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung, Polda Lampung, BPKP Perwakilan Lampung dan Kanwil Kementerian Agama Lampung.

Untuk Kategori BUMN/BUMD diberikan kepada PTPN 7 Provinsi Lampung, PT. KAI Divre IV Tanjung karang, PT. PLN Persero Distribusi Lampung, BPJS Kesehatan Provinsi Lampung dan PT. Pelindo II Cabang Pelabuhan Panjang.

Serta diberikan untuk Kategori Perguruan Tinggi, kepada Itera, IAIN Metro, UIN Raden Intan Lampung, Universitas Teknokrat Indonesia dan UPBJJ Universitas Terbuka Bandar Lampung. (Maryadi)

Header Banner Advertisement
Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *