Pilkades Muara Jaya Lamtim Kisruh

Harianpilar.com, Lampung Timur – Pemilihan kepala desa (Pilkades) di Desa Muara Jaya, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) berlangsung kisruh. Pasalnya, ada dua calon kades yang jumlah suaranya yang hampir sama yakni calon kades no 2 Herwansyah dengan no 3 Edi  Sutono.

“Jumlah suara pada calon no 2 ada selisih penghitungan suara karena menurut ceritanya bahwa tim sukses dan saksi dari calon kades no 2 menghitung calon kades no 2 mendapat suara sebanyak 1076, sedangkan no 3 mendapat suara 1074,” ujar salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya.

Dikatakannya, pada saat itu panitia mengatakan bahwa suara no 2 dan no 3 sama-sama 1074. maka dari itu pihak calon Kades no 2 mengajukan protes kepada panitia.

Dengan adanya protes itulah, maka situasi ditempat pemungutan suara di Balai Desa Muara Jaya, Kecamatan Sukadana mulai mencekam karena pada saat itu suasana di tempat itu mulai kisruh, dan petugas keamanan dari Polres menerjunkan puluhan personil untun menjaga keamanan di tempat tersebut.

Sementara berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangkan, untuk menghindari kericuhan, maka panitia pilkades, serta aparat desa meminta agar masalah tersebut segera dimusyawarahkan dengan seksama dan setelah dimusyawarahkan akhirnya kedua belah pihak menyepakti akan diadakan penghitungan ulang.

Penghitungan suara ulang yang dilaksanakan panitia dimulai sekitar pukul 20.30 berakhir sekitar pukul 01.30 dini hari, Selasa (5/12/2017).

Setelah penghitungan ulang suara Pilkades bahwa calon kades no 2 mendapat 1075 suara dan no 3 mendapat 1073, belum puas dengan penghitungan suara ulang pihak no 3 mengajukan protes kepada panitia untuk mengecek kembali surat suara yang rusak dan surat suara yang lainnya.

Untuk diketahui bahwa Pilkades di Desa Muara Jaya tersebut diikuti 4 calon kades yakni no urut 1 Cahyo Ariwibowo mendapat suara 106, no 2 Herwansyah sebanyak 1075, no 3 Edi Sutono sebanyak 1073 dan no 4 Antoni Eedi Waluyo sebanyak 216 suara dengan mata pilih tetap 2935 suara. (CAN/END).

Header Banner Advertisement
Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *