Mahasiswa IBI Jawara Tarian Lampung di Taiwan

Mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya juara I pada kompetisi New Immigration Dance Festivaltingkat nasional di Kota Taoyuan, Taiwan.

Harianpilar.com, Bandarlampung – Mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menyabet juara I pada kompetisi New Immigration Dance Festivaltingkat nasional di Kota Taoyuan, Taiwan pada 26 November 2017.

Lengak lengok nan lincah gemulai yang ditampilkan Yolanda Aprianti, Faity Christie, dan Lorensia Lilik Panca Asih saat menari Tari Kreasi Muli Betanggaiasal Provinsi Lampung, mampu memukau para dewan juri dan penonton serta mengantarkan mereka menorehkan prestasi internasional.

New Immigration Dance Festivalyang diselenggarakan Kementerian Pendidikan Taiwan ini diikuti 14 tim kategori A (1-3 orang dalam 1 grup) dan 14 tim kategori B (lebih dari 3 orang dalam 1 grup) dengan penampilan tarian dari berbagai negara.

Perjuangan untuk mengikuti kompetisi ini bukan hal mudah. Karena hanya Yolanda yang memiliki latar belakang penari, sedangkan Faity dan Lorensia belum terbiasa menari. Namun berkat kemauan dan kerja keras, mereka terus berlatih bersama hingga memperoleh hasil yang maksimal.

Ketiga mahasiswa jurusan Akuntansi Darmajaya ini tengah menjalani program student mobillity selama 1 semester di Cheng Shiu University, Taiwan. Mahasiswa Darmajaya lainnya yang juga mengikuti program student mobillity di Cheng Shiu University, Taiwan yakni Nurul Fadila (Akuntansi), dan Ronal Diantry (Manajemen) untuk program joint research.

“Alhamdulillah, untuk kategori A, nama tim kami Lampung Okay menjadi juara pertama. Untuk kategori B, kampus kami Cheng ShiuUniversity juga menjadi juara pertama. Kami merasa bangga dan bersyukur sekali berkesempatan memperkenalkan kebudayaan Lampung di Taiwan, dan mendapat apresiasi dengan peraihan prestasi ini,” ujar Yolanda.

Lanjutnya, pengalaman mengikuti kompetisi tersebut membuatnya dan mahasiswa student mobility Darmajaya lain semakin percaya diri, menambah networking, serta meningkatkan kemampuan bahasa dimana pada kompetisi tersebut mereka juga mengenal bahasa Mandarin sehingga di era global saat ini tak cukup hanya menguasai bahasa Inggris.

“Pada 17 Desember 2017, kamijuga diundang Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pendidikan untuk berpartisipasi dalam even memperingati Hari Migran 2017 di Taiwan,” ungkapnya.

Menanggapi prestasi tersebut, Rektor Darmajaya, Ir. H. Firmansyah Y Alfian, MBA., MSc mengapresiasi dan mengutarakan kebanggaannya kepada mahasiswa Darmajaya yang mampu berprestasi ditingkat internasional.

“Selamat untuk student mobility Darmajaya atas diraihnya prestasi ini. Mahasiswa yang belajar ke luar negeri merupakan duta-duta untuk memperkenalkan Indonesia khususnya Provinsi Lampung di mata dunia. Kebudayaan daerah Provinsi Lampung harus terus dilestarikan dan dipromosikan sebagai daya tarik bagi wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia,” tandasnya.(Mar/Lis)

Header Banner Advertisement
Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *