72 Anggota Panwas Lamtim Dilantik

Sebanyak 72 anggota Panwas Kecamatan se-Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) dilantik oleh Panitia Pengawas Pemilihan Umum kabupaten Lampung Timur, di Islamic Center Sukadana, jumat (10/11/2017).

Harianpilar.com, Lampung Timur – Panwascam Kabupaten  Lampung  Timur (Lamtim)  melantik 72 anggota Panwaslu Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Lampung Timur di Aula Islamic Center Lamtim, Jumat (10/11/2017).

Pemilu di tahun 2018 dan 2019 ini perlu diawasi, karena tidak menutup kemungkinan melanggar peraturan pemilihan umum.

“Hal ini bila tidak diawasi akan menodai pelaksanaan pemilihan ini maka akan mengganggu keamanan di Kabupaten Lampung Timur. Dalam situasi persaingan seperti ini, tuntas panitia pengawas pilihan umum sangat dibutuhkan untuk mengawal dan menjamin terselenggaranya pilihan umum yang sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku secara luber dan jurdil,” ujar Asisten  Bidang Pemerintahan,” Tarmuzi.

Dikatakannya, Panwascam harus dapat melaksanakan tugas pengawasan pelaksanaan pilihan sesuai dengan ukuran dan kemampuan yang ada dan mampu bersikap independen tidak memihak kesalahan satu partai atau calek.

“Saya tau tugas saudara emban sangat berat dan membutuhkan pengorbanan yang sangat besar dan karena itu saya juga mengharapkan kepada seluruh unsur unsur masyarakat baik terhadap dinas, tokoh masyarakat, partai politik untuk ikut mendukung kinerja panitia Pengawas Pemilihan Umum,” kata dia.

Lebih lanjut ia memaparkan, kemenangan Pemilihan Umum bukan hanya menjadi tanggung jawab panitia Pengawas Pemilihan Umum, tapi menjadi tanggung jawab semua pihak, sehingga pelaksanaan Pemilihan Umum di Kabupaten Lampung Timur dapat berjalan dengan lebih berkualitas dan menghasilkan wakil-wakil rakyat yang bersih, yang memiliki integrasi dan komitmen yang tinggi .

Maka lanjutnya, untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat Kabupaten Lampung Timur demi kemakmuran masyarakat luas, bukan kemakmuran pribadi atau golongan. Peran dalam Pemilihan Umum merupakan bagian yang tidak boleh dipandang sebelah mata, mengingat bahwa dalam pilihan Umum sangat rentan sedang tindakan-tindakan yang dapat menciderai demokrasi  yang sedang berlangsung,” ujar dia.

Untuk itu sambungnya, kepada Anggota Panwas Kecamatan yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya, diharapkan melakukan pengawasan secara maksimal dan penuhi tindakan yang semestinya jika di lapangan menemukan adanya pelanggaran, baik yang dilakukan oleh penyelenggara Pemilu maupun oleh Peserta Pemilu dengan tetap mengedepankan asas asas penyelenggara pemilu,” harapnya.

Sementara, Ketua Panwascam Kabupaten  Lamtim,  Lailatul Khoiriyah mengatakan,  pelantikan ini diikuti sebanyak  72 anggota Panwascam se Kabupaten Lampung Timur.

“Saya berharap kepada anggota Panwascam yang baru dilantik agar kiranya dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku.” Pungkasnya. (CAN/NDAR)

Header Banner Advertisement
Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *