oleh

Anggota DPD RI ‘Cium Aroma’ Dugaan Proyek Fiktif Dinkes Tubaba

Harianpilar.com, Bandarlampung – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Lampung Andi Surya menduga ada proyek fiktif bernilai miliaran rupiah tahun 2016 di Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulangbawang Barat (Tubaba). Hal itu terkuak berkat laporan masyarakat dan dari hasil investigasi pihaknya.

Menurut Andi, pihaknya mendapat laporan dari masyarakat adanya dugaan penyimpangan anggaran pembangunan di Dinas Kesehatan Kabupaten Tubaba yaitu pada APBD 2016 terkait anggaran peningkatan infrastruktur peningkatan Puskesmas Rawat Jalan menjadi Puskesmas Perawatan Poned Pagardewa dan pembangunan Rumah Dinas Dokter dengan nilai Rp4,5 Miliar,”Dari hasil laporan masyarakat dan investigasi kami ada dugaan fiktif,” ujar Andi Surya pada Harian Pilar, Senin (6/11/2017).

Andi sangat menyayangkan hal tersebut sebab masyarakat sangat membutuhkan layanan masyarakat yang maksimal.”Jika ini benar, maka akan sangat disayangkan, karena masyarakat membutuhkan layanan kesehatan maksimal dengan perawatan yang seharusnya bisa dilakukan di Puskesmas tidak dapat terlayani dengan baik, dengan demikian ini merugikan masyarakat yang membutuhkan pertolongan kesehatan dan juga tentu merugikan keuangan negara,” tegasnya.

Dari penelusuran Harian Pilar, pada tahun 2016 Dinkes Tubaba memang memiliki proyek Peningkatan Puskesmas Rawat Jalan Menjadi Puskesmas Perawatan PONED Pagar Dewa senilai Rp4,2 Miliar, proyek ini di kerjakan oleh CV.Weldy Putra yang beralamat di Jalan Raden Intan Nomor 205b Kotabumi – Lampung Utara. Selain itu, Dinkes Tubaba juga memiliki proyek Pembangunan Rumah Dinas Dokter di Puskesmas Pagar Dewa senilai Rp300 juta, proyek ini kerjakan oleh Lingai Raya yang beralamat di Jalan 1 Lingai No.45 RT/RW 01/01 Kelurahan Menggala Tengah Kecamatan Menggala – Tulang Bawang.

Kondisi ke dua proyek itu memang sangat memprihatinkan. Meski menelan anggaran besar tapi secara kualitas sangat mengcewakan. Sebab, dua proyek itu telah banyak mengalami kerusakan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Tubaba, Perana Putra, mengatakan, proyek Peningkatan Puskesmas Rawat Jalan Menjadi Puskesmas Perawatan PONED Pagar Dewa dan Rumah Dinas Dokter itu ada. Lokasinya di Tiyuh Pagar Desa Suka Mulya Kecamatan Pagar Dewa.”Kita bangun disitu karena di Tiyuh Pagar Dewa saat itu belum ada listrik,” pungkasnya.(Maryadi)