Mahasiswa Diminta Bersikap Kritis

Harianpilar.com, Bandarlampung – Mahasiswa Pascasarjana Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya menambah wawasannya tentang kiat menentukan ide penelitian pada Kuliah umum metodologi penelitian yang berlangsung di kampus setempat, Minggu (10/9/2017).

Mengusung tema strategi menentuan topik penelitian yang tepat untuk menembus jurnal terakreditasi dan bereputasi, kuliah umum yang digelar Pascasarjana Darmajaya ini menghadirkan salah satu Guru Besar Universitas Lampung, Prof. Dr. Lindrianasari, SE., MSi., Akt., CA sebagai pembicara.

Prof. Lindri mengatakan, menentukan ide, topik, atau gagasan menjadi tahapan awal yang sangat penting dalam melakukan penelitian. Cara yang dapat dilakukan untuk menentukan ide, topik, atau gagasan penelitian diantaranya melalui kajian pustaka, jurnal ilmiah, forum ilmiah, seminar, koran atau majalah profesi, serta website atau internet.

“Saat melakukan kajian pustaka dan membaca jurnal ilmiah, coba bersikaplah kritisi. Kajilah apakah topik artikel tersebut relevan jika diterapkan pada disiplin ilmu kita. Apakah masalah yang diteliti artikel tersebut juga ditemukan pada setting/geografispenelitian kita. Baca juga bagian saran, agar mengetahui apa yang dapat kita lakukan untuk perbaikan penelitian tersebut,” papar Lindri, Selasa (12/9/2017).

Dosen jurusan Akuntansi ini melanjutkan, ide penelitian juga bisa didapatkan dengan mengikuti seminar dan forum ilmiah. Selain itu, isu yang sedang berkembang di media massa dan internet juga bisa menjadi inspirasi dalam menentukan ide penelitian.

“Setelah menentukan topik, kemaslah kedalam judul penelitian yang menarik, eye catching, impactful, dramatic, impressive, dan spectacular. Gunakan pilihan bahasa sesuai dengan etika penulisan ilmiah. Kalau mencari pendanaan penelitian, sesuaikan format dan isu relevan dengan penyedia dana,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Magister Manajemen Darmajaya, Andri Winata, SE., MSc menuturkan, sesuai dengan Surat Dirjen Dikti Nomor: 152 / E / T / 2012 tanggal 27 Januari 2012 perihal Publikasi Karya Ilmiah sebagai persyaratan bagi mahasiswa untuk bisa lulus program sarjana, magister, dan doktor.

Maka kuliah umum ini bertujuan memotivasi mahasiswa Pascasarjana untuk membuat topik penelitian yang tepat sehingga bisa menembus jurnal terakreditasi dan bereputasi.

“Salah satu poin penting dalam menjalankan fungsi Tridharma Perguruan Tinggi adalah melaksanakan penelitian dan mempublikasikan hasil pemikiran serta analisisnya tersebut. Peneliti yang baik harus berkomitmen tinggi untuk mempublikasikan hasil penelitiannya. Sehingga penelitian bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat luas,” tutupnya.(Mar)

Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *