Puluhan Miliar Dana Bansos Pemkot Diduga Sarat Penyimpangan

Harianpilar.com, Bandarlampung – Puluhan miliar anggaran bantuan sosial (bansos) dan dana hibah di Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung diduga kuat bermasalah. Bahkan, ada indikasi anggaran itu juga mengalir ke Majelis Taklim Rahmat Hidayat yang dipimpin Istri Walikota Bandarlampung, Eva Dwiana Herman HN.

Masalah ini menjadi tuntuan puluhan massa mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Bongkar Korupsi (Gembok) saat menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung DPRD setempat, Selasa (5/9/2017).

Dalam aksi ini, massa menuntut penegak hukum dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Lampung untuk segera melakukan audit terhadap seluruh anggatan itu tahun 2015.

Koordinator Aksi, Andre Saputra, mengatakan, harus dilakukan pengusutan terhadap dugaan penyalahgunaan anggaran bansos Pemkot Bandarlampung sebesar Rp60 Miliar tahun anggaran 2015.

“Usut tuntas dugaan penyalahgunaan dan penyunatan anggaran dana bansos dan dana hibah sebesar Rp60 Miliar lebih di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah(BPKAD) Kota Bandarlampung tahun anggaran 2015 yang disalurkan kepada lembaga, organisasi kemasyarakatan, dan juga masyarakat selama tahun 2015,” ujarnya saat berorasi.

Andre menduga dalam penggunaan anggaran itu terjadi manipulasi data dan sengaja diarahkan serta dikondisikan melalui usulan kepada penerima bantuan guna untuk mengambil keuntungan.

“Diduga kuat pelanggaran prealisasian anggaran dana bansos dan dana hibah itu menyalahi peraturan menteri dalam negeri(permendagri) nomor 13 tahun 2006 pasal 133 ayat(2), permendagri nomor 32 tahun 2011, permendagri nomor 39 tahun 2012 tentang pedoman pemberian hibah dan bansos yang bersumber dari dana APBD,”terangnya.

Untuk itu, pihaknya mendesak penegak hukum seperti Kejati dan Polda Lampung untuk mengusut masalah ini.”Penegak hukum termasuk BPK harus menelusuri lebih jauh anggatan itu,” pungkasnya.

Sementara, pihak BPKAD Kota Bandarlampung dan Istri Walikota Bandarlampung hingga berita ini di turunkan belum berhasil di konfirmasi.(Ramona/Maryadi)

Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *