Informasi Pemutihan Pajak Hoax

Harianpilar.com, Bandarlampung – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Lampung menyatakan informasi yang tersebar soal pemutihan pajak kendaraan di sosial media adalah informasi hoax. Pasalnya Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo belum mengumumkan secara resmi kapan pemutihan pajak kendaraan tersebut siap dilaksanakan.

Kepala Bapennda Provinsi Lampung, Piter Dono, melalui Sekertaris Bapenda, Rozali, mengatakan, pemutihan pajak kendaraan memang betul akan digelar, namun baru sebatas wacana. “Ya memang kemarin itu sudah ditanda-tangani Pergubnya nomor 44 tahun 2017 tentang pemutihan pajak kendaraan oleh Gubernur, tapikan belum diumumkan secara resmi oleh beliau, dan info yang sudah tersebar kemarin yang katanya akan dibuka mulai 1 September 2017 itu ulah oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab mereka mencuri start duluan dari Gubernur,”ujarnya, Senin (4/9/2017).

Masalah pemutihan pajak kendaraan, jelas Rozali, sebetulnya Gubernur Lampung sangat tidak menyetujui diadakan karenatidak mendidik masyarakat. “Awal mulanya program pemutihan pajak kendaraan inu sempat dimasukan di APBD perubahan, hanya saja tidak disetujui oleh pak Gubernur, karena dinilai tidak mendidik masyarakat dalam taat membayar pajak,”jelasnya.

Namun, lanjut Rozali, untuk mencapai target pendapatan yang naik Rp75 miliar dari APBD murni maka langkah yang dinilai tepat adalah dengan mengeluarkan program pemutihan pajak kendaraan. “Ini langkah yang tepat untuk mencapai target dari sumber pajak, karena fakta dilapangan banyak masyarakat yang tidak atau belum membayarkan pajak kendaraannya, jadi dengan begini masyarakat diharapkan dapat sadar membayar pajak tepat waktu, ya ini namanya langkah terbaik dari yang terburuk,”ucapnya.

Meski Bapenda Provinsi Lampung telah mengklarifikasi adanya informasi hoax soal pemutihan pajak kendaraan di media sosial, bukan tidak mungkin pemutihan pajak kendaraan dilaksanakan di tahun 2017 ini. “Insyaallah tetap dilaksanakan bulan September ini, tapi kita belum bisa pastikan dan berandai-andai kapan dilaksanakannya, nanti pasti akan diumumkan secara resmi melalui Website Bapenda ataupun Gubernur Lampung,”kata dia.

Rozali mengharapkan masyarakat Lampung antusias dalam pemutihan pajak ini agar dapat terselesaikan akhir Desember ini. “Semua tergantung antusias masyarakat, kalau masyarakat bisa taat pajak pasti meski hanya empat Bulan bisa tercapai target Bapenda Rp75 miliar, disiapkan saja segala persyaratannya untuk pemutihan pajak,” pungkasnya. (Ramona/Maryadi)

Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *